Breaking NewsPMI lainnya

WNI Ini Ungkap Fakta Gaji PMI di Brunei, Simak Penjelasannya

Gaji atau pendapatan setiap orang pasti membuat banyak orang penasaran saat akan bekerja, terutama gaji seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI). Salah satu yang banyak ditanyakan yaitu gaji PMI di Brunei Darussalam.

Terlebih, Brunei Darussalam banyak diberitakan sebagai negara yang indah, kaya, serta biaya hidup yang murah. Tak heran juga bila muncul banyak pertanyaan soal gaji PMI yang kerja di Brunei. Menjawab hal tersebut, seorang WNI yang telah bekerja di Brunei mengungkap fakta soal gaji yang ia peroleh.

“Gaji PMI nggak pernah bisa sama, nggak pernah bisa satu bulan 10 juta, 20 juta,” kata WNI bernama Adink. Adinkpun menjelaskan kalau gaji PMI biasanya bersifat perkiraan saja. “Misalkan kira-kira dalam 1 bulan 10 juta atau 1 bulan 20 juta,” ujar Adink.

Karena gaji yang ia dan para PMI peroleh, itu sangat bergantung jumlahnya kepada mata uang Indonesia (rupiah). “Itu perkiraan. Karena apa? Karena gaji PMI itu sesuai dengan rate (nilai tukar) rupiah,” katanya. Meski begitu, ia mengaku tetap mendapatkan nominal gaji yang sama di Brunei Darussalam.

“Kalau di sini (Brunei) tetap sama, misalkan gaji saya 500 dollar, ya tetap terimanya ini,” ujarnya. Seperti diketahui, Brunei menggunakan mata uang dollar Brunei/Ringgit Brunei. Sedangkan Indonesia memakai rupiah.

Perbedaan mata uang inilah, kata Adink yang membuat gaji PMI tidak akan pernah sama dan hanya bersifat perkiraan saja. “Kemungkinan saat saya kirim uang ke Indonesia, bisa jadi harga tukarnya berubah,” ungkapnya.

Darnichn.



Related Articles