Breaking NewsPMI lainnya

Warti TKW Asal Indramayu Sakit Parah tapi Tetap Dipaksa Terus Kerja Hingga Tidak Diperbolehkan Pulang Oleh Majikan

Warti (46), Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bekerja sebagai TKW asal Kabupaten Indramayu divonis menderita sakit tumor di bagian kepala oleh dokter di Malaysia. Kondisi tersebut yang menyebabkan warga Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu kerap sekali tidak sadarkan diri secara tiba-tiba saat sedang bekerja dan itu dialaminya sejak Maret 2021.

Karena kondisinya yang terus memburuk, Warti pun membuat surat pengajuan permohonan pulang kepada sang majikan. Petugas Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Irman Firmansyah mengatakan bahwa permohonan yang diajukan oleh Warti tidak kunjung mendapat respon dari majikannya.

Dengan kondisi yang kian parah, Warti pun terpaksa harus tetap bekerja karena tertahan. “Melihat kondisi sekarang, Warti lalu mengajukan pengunduran diri tetapi sang majikan masih saja menolak karena belum mendapatkan ART baru untuk menggantikannya,” ujar Irman Firmansyah, Minggu (29/8/2021).

Lanjut Irman Firmansyah, Warti pun kemudian mengadukan kondisi kesehatan yang dialaminya kepada Forum Keluarga Buruh Migran Indonesia (FKBMI) Kabupaten Subang sehingga diteruskan sampai BP2MI dan diharapkan dapat membantu proses kepulangan Warti.

Selain upaya pemulangan, BP2MI juga akan mengupayakan seluruh hak Warti selama bekerja di Malaysia agar bisa diberikan secara penuh. Hak ini menjadi kewajiban majikan, agen serta perusahaan yang memberangkatkannya ke Malaysia.

Pada hari Jumat, 27 Agustus 2021 lalu Warti pun berhasil dipulangkan dari Malaysia dan rencananya Warti ingin melanjutkan pengobatan untuk memulihkan kondisi kesehatannya.

Darnichn.



Related Articles