Breaking NewsPMI Taiwan

Warganet Heboh Soal sms Peringatan Pandemi di Taiwan, Berikut Penjelasan CECC

Pusat komando epidemi Sentral (CECC) Taiwan, hari ini (4/9/2021) mengirim pesan teks random kepada masyarakat yang isinya jika dari tanggal 13 Agustus hingga 2 September pernah mengunjungi tempat yang sama dengan orang yang terkonfirmasi, apabila mengalami gejala covid-19 disarankan melakukan pemeriksaan.

Namun, sms tersebut justru menimbulkan kehebohan warganet terutama PMI yang tidak faham dengan isi dan maknanya, sehingga menimbulkan kepanikan bahkan ada yang mengatakan itu sms hoak.

Selain itu banyak netizen yang mengatakan bahwa mereka belum pernah ke tempat di mana rekam jejak kasus terkonfirmasi diumumkan, akan tetapi mereka juga menerima pesan teks.

Menanggapi hal tersebut juru bicara CECC Zhuang Ren-xiang mengatakan, terkait kasus dua pilot Eva Air yang terkonfirmasi beberapa waktu lalu, dan kemudian anaknya yang sekolah di salah satu SMA juga terinfeksi (kasus ke 16.120), mengakibatkan 500 siswa dan orang tuanya perlu dikarantina, sebagaimana diberitakan Ettoday kemarin (4/9).

Selama periode menjalani isolasi mandiri (isoman), pilot mengadakan pesta makan malam namun ia berbohong pada saat laporan rekam jejak sehingga tidak jelas kemana saja dia melakukan aktifitas luar.

Untuk itu, demi menjaga keamanan masyarakat, mulai pukul 2:30 kemarin siang (4/9/2021) CECC mengirimkan sms secara random peringatan epidemi kepada publik dan diperkirakan dikirim ke 1,1 juta orang.

Zhuang Ren-xiang juga menyebutkan, tujuan pengiriman sms random hanya untuk mengingatkan publik bahwa jika dalam beberapa hari terakhir ini memiliki gejala tidak enak badan, maka harus pergi untuk melakukan pemeriksaan ke stand inpeksi yang tersedia di sekitar tempat tinggal anda.

Adapun isi sms yang menghebohkan kemarin adalah [疫情警示) 因您曾於8月13日至9月2日期間與確診者接觸或活動軌跡重疊,如於8月13日之後曾有COVID-19疑似症狀,請就醫評估或可至社區篩檢站採檢。(Peringatan Pandemi) Karena Anda telah melakukan kontak dengan orang yang dikonfirmasi atau anda memiliki kegiatan yang tumpang tindih antara tanggal 13 Agustus dan 2 September, apabila setelah tanggal 13 agustus anda mengalami gejala yang dicurigai COVID-19, silakan mencari tim medis untuk evaluasi atau pergi ke stasiun inspeksi komunitas untuk skrinning (pemeriksaan).

HaniTW



Related Articles