Breaking NewsPMI lainnya

Warga Majalengka Menggelar Masterchef Hawu bagi Eks TKW

Bekerja sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) di luar negeri masih menjadi primadona terutama bagi sebagian warga Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Sebagian besar para TKW itu bekerja di sektor domestik yakni mengurus rumah sang majikan.

Kondisi tersebut seperti yang terjadi di Blok Kaputren, Desa Putridalem, Kecamatan Jatitujuh. Di blok ini tercatat warganya sebagian besar merupakan eks TKW di berbagai negara. Kondisi itu menjadi inspirasi tersendiri bagi warga sekitar untuk mengadakan event berbasis TKW itu. Masterchef Hawu, demikian event yang dihelat oleh penggiat di kampung tersebut. Hawu adalah penyebutan bahasa Sunda untuk tungku.

Dalam pelaksanaannya, Masterchef Hawu ini melibatkan para mantan TKW yang saat ini sudah kembali ke kampung halaman. Tercatat sebanyak 30 besar peserta yang lolos seleksi untuk mengikuti event masak memasak itu. “Di sini kan banyak mantan TKM, akhirnya kami berinisiatif untuk membuat event kompetisi Masterchef. Adapun hawu, ya itu kan kearifan lokal, sebelum ada gas, kami menggunakan hawu untuk memasak,” kata panitia event Amin Halimi.

Selain dari sisi penamaan, kearifan lokal juga akan diangkat dari bahan yang akan dimasak pada peserta Masterchef itu. Chef-chef lulusan TKW di luar negeri ini akan disuguhkan bahan-bahan mentah yang memang berada di sekitar desa itu. “Bisa saja nantinya disediakan Iwung (Rebung), Jamun atau yang lainnya. Yang pasti, bahan-bahan yang memang ada disekitar kami. Dari bahan-bahan itu, silahkan mau diolah jadi apa, masing-masing peserta diberi kebebasan untuk berinovasi, improvisasi. Secara garis besar mah, ya kaya Masterchef-nya RCTI lah,” ujarnya.

Sementara itu, sebelum hari pelaksanaan pada 30 Oktober 2021, ada beberapa tahapan yang harus dilalui para peserta. Pembekalan, salah satu tahapan dalam event yang baru pertama kali dilaksanakan itu. “Untuk dewan juri, masih rahasia dan yang pasti mereka yang memang bergelut dengan kuliner. Hari ini kami melaksanakan workshop dengan mendatangkan orang-orang dari kalangan komunitas, di antaranya pemilik rumah makan,” kata Amin. Para peserta Masterchef Hawu tercatat merupakan TKW dari berbagai negara diantaranya Arab Saudi, Korea, UEA, Singapura, Taiwan dan ada juga mereka yang pernah jadi TKW di Malaysia.

Darnichn.



Related Articles