Breaking NewsPMI lainnya

Vaksinasi Gratis untuk Pekerja Migran Tak Berdokumen di Malaysia, Apa Saja Syaratnya?

===

Kementerian Kesehatan Malaysia bekerja sama dengan beberapa organisasi masyarakat sipil dan lembaga internasional seperti Migrant CARE, UNHCR, Bulan Sabit Merah, agen-agen pekerja dari Pertubuhan Kebangsaan Sumber Manusia Malaysia (Pusma), dan komunitas pekerja Indonesia di Malaysia, Serantau menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 secara gratis untuk pekerja migran, termasuk pekerja migran yang tak berdokumen.

Selain diikuti oleh pekerja migran asal Indonesia, baik yang berdokumen maupun tidak, vaksinasi juga diikuti oleh pekerja migran asal Filipina dan pengungsi Rohingnya di Malaysia.

Vaksinasi gratis ini telah dilaksanakan di beberapa tempat dan selama tiga minggu ke depan telah dijadwalkan pelaksanaan vaksinasi di beberapa kawasan.

Pada hari Minggu, 3 Oktober 2021 vaksinasi akan diselenggarakan di Cheras dan Dewan Grace, Klang, Selangor.

Apa saja syarat bagi pekerja migran tak berdokumen untuk bisa mengikuti program vaksinasi gratis ini?

Ketua Migrant CARE Malaysia, Alex Ong mengatakan, syarat bagi pekerja migran yang tak berdokumen yang ingin mengikuti vaksinasi ini cukup menyetorkan nama, alamat di Malsysia, nomor HP, dan KTP/KK. Namun, bagi yang tidak memiliki KTP/KK, cukup mendaftarkan nama, nomor HP dan alamat.

“Untuk alamat, cukup disebutkan daerahnya saja. Tidak perlu alamat lengkap. Contohnya, daerah Klang atau daerah Shah Alam. Nanti pihak program (panitia) akan tentukan lokasi vaksinasi yang paling dekat dengan alamat pemohon vaksinasi,” jelas Alex Ong.

Selain itu, kata Alex Ong, calon penerima vaksin wajib mendaftar ke ormas atau kordinator yang ikut serta sebagai ketua kluster yang mengumpulkan nama-nama pendaftar.

“Kami tidak terima walk in (pendaftaran online) karena prosedur perlu dapat alokasi vaksin dari Kementerian Kesehatan. Lokasi vaksinasi juga perlu penuhi syarat-syarat SOP pihak berkuasa Malaysia,” kata Alex.

Lebih lanjut Alex Ong mengatakan, misi Migrant CARE dan ormas lainnya sangat jelas, yaitu membantu semua migran, termasuk migran asal Indonesia agar bisa mendapat vaksinasi demi melengkapi hak asasi manusia, menerima perlindungan kesehatan pada musim pandemi di Malaysia. Kesehatan semua migran juga akan membantu masyarakat secara luas selamat dari gejala pandemi.



Related Articles