Breaking NewsPMI Malaysia

Universitas Muhammadiyah Dapat Izin Resmi Berdiri di Malaysia

Universitas Muhammadiyah telah mendapat izin secara resmi untuk berdiri di Perlis, Malaysia. Sebenarnya, dalam pendaftarannya universitas ini diajukan dengan nama Univesitas Muhammadiyah Antarbangsa Malaysia (UMAM) tapi dalam surat keputusan resmi disebut Universiti Muhammadiyah Malaysia dengan singkatan UMAM.

Dikutip dari laman pwmu.co, Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya Dr dr Sukadiono MM yang menjadi Sekretaris Board of Governance (semacam Badan Pengurus Harian) UMAM menjelaskan, surat kelulusan yang sudah beredar luas di medos itu akan dikirim ke Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Sukadiono menjelaskan, pada Selasa 10 Agustus 2021 atau bertepatan dengan 1 Muharam 1443 telah dilakukan rapat koordinasi secara daring yang dihadiri berbagai pihak.

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut antara lain Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nasir MSi, Raja Muda Perlis Tuanku Syed Faizuddin Putra Jamalullail, dan Mufti Perlis Prof Dato ‘Arif Perkasa Dr. Mohd Asri bin Zainul Abidin atau yang lebih dikenal dengan Dr MAZA.

Pendaftaran pendirian Universitas Muhammadiyah di Malaysia ini diajukan sejak tahun 2017. Namun, baru mendapat izin resmi pada tanggal 5 Agustus 2021.

“Sukacita dimaklumkan bahawa permohonan tuan untuk menubuhkan institusi pendidikan tinggi swasta (IPTS) adalah dliuluskan oleh Menteri Pengajian Tinggi di bawah subsksyen 10(1)(a) Akta Institusi Pendidikan Tinggi Swasta 1996 (Akta 555),” bunyi keputusan itu.

Surat berkop Ketua Pendaftar IPTS Jabatan Pendidikan Tinggi (JPT) bernomor (Ru. Kami) JPT/BPP(U) 1000-801/1772 Jld dan tertanggal (tarikh) 5 Agustus 2021 itu ditandatangani oleh Menteri Pengajian Tinggi Malaysia Dr Noraini Ahmad, sehari sebelum dia mengundurkan diri.

“Hari ini 1 Muharam 1443, mengukir sejarah. Universiti pertama Muhammadiyah di Malaysia yang akan ditubuhkan di Perlis telah dluluskan oleh KPT (Kementerian Pengajian Tinggi atau Kementerian Pendidikan Tinggi) Malaysia. Ia menjadi jembatan antara Perlis, juga rakyat Malaysia dan Selatan Thailand dengan Indonesia dalam mengukuhkan hubungan umat serumpun dan meneruskan agenda membangunkan kekuatan umat yang besar ini.” Tulis Dr MAZA dalam akun Instagram-nya drmaza_offical. (rozi_EM)



Related Articles