Breaking NewsPMI Malaysia

TKW Indonesia Terlantar di KLIA Diduga Dibuang Majikan

Menjadi pekerja migran di luar negeri memang tidak selamanya mudah walaupun banyak juga yang mengaku sukses setelah bekerja sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI). Ada yang bisa sampai membeli mobil dan mendirikan rumah di kampung halamannya.

Namun, tak sedikit pula terdengar kabar pilu para pekerja migran Indonesia yang ada di luar negeri, ada yang disiksa hingga tidak digaji oleh sang majikan. Seperti halnya kisah pilu seorang TKW asal Jawa Timur yang terlantar di bandara KLIA Malaysia diduga karena dibuang oleh sang majikan.

TKW terlantar itu kemudian diajak oleh beberapa anggota AOMI (Aliansi Ormas Indonesia) yang berada di Malaysia. Petuga yang merasa kasihan dengan TKW yang mulai lemas terduduk pun memberikan makanan. “Ibu, ini kami bawakan makan. Nanti dimakan ya,” ucap wajib berhijab sambil menyerahkan sebuah plastik kuning di samping si TKW duduk.

Saat duduk, seorang petugas pria mencoba memulai obrolan dengan TKW tersebut dan diketahui bahwa dia sudah bekerja sebagai ART di Malaysia selama 2 tahun. TKW itu mengatakan bahwa dirinya bisa sampai ke bandara dengan menaiki taksi. Saat ditanyakan nama majikan dan alamat rumahnya, TKW mengatakan bahwa dia hanya tau jalan tetapi tidak tahu nomor rumah serta nomor telepon sang majikan. Diketahui pula bahwa selama ini, sang majikan tidak memperlakukan dia dengan baik, kerap menggertak-gertak, membanting barang hingga tidak memberikan makan.

TKW tersebut juga mengaku, dia nekat datang ke KLIA karena berniat pulang ke Indonesia tetapi dia belum membeli tiket sama sekali. Dia berkeinginan pulang karena tidak tahan mendapatkan penyiksaan dari sang majikan apalagi dirinya sedang mengidap penyakit maag dan apabila parah sering merasa lemas dan muntah-muntah.

Darnichn.



Related Articles