Breaking NewsPMI Malaysia

Terlanjur Vaksin Sinovac, PMI Asal Tulungagung Takut Tak Bisa Masuk ke Negera Tujuan

Sejumlah Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) asal Kabupaten Tulungagung, baik yang mengurus pemberangkatan baru atau berstatus cuti dan hendak kembali ke negara tempat bekerja mengaku kebingungan. Pasalnya, dikabarkan sejumlah negara kabarnya menolak vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac untuk masuk ke negara tujuan.

Padahal, sebagian besar dari mereka telah menjalani vaksinasi hingga dosis kedua dengan vaksin Sinovac. “Sudah terlanjur dua suntikan vaksin Sinovac, lalu ada berita sejumlah negara menolak PMI yang sudah divaksin Sinovac, membingungkan,” kata wanita berinisial IT (27) eks TKW Taiwan yang mengeluh karena takut tak bisa kembali bekerja ke majikannya.

Ia justru menanyakan, negara mana saja yang menolak Pekerja Migran Indonesia (PMI) karena dari berbagai berita yang ada tidak melihat Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) menyebutkan negara penolak tersebut.

“Ini di group WA juga sedang ramai dibahas, masa kalau misalnya Hongkong ditolak karena vaksinnya ada Sinovac,” ujarnya. Ia menunjukkan juga, beberapa tiket pesawat dan persyaratan lain sudah diurus sebelum keberangkatannya kembali. Dengan berita itu, para PMI khususnya TKW mengaku sangat kebingungan dan menunggu kabar selanjutnya dari pihak berwenang.

Sedangkan belum ada penjelasan lebih lanjut, bagaimana bagi PMI yang sudah divaksin Sinovac dua kali, apakah masih boleh menerima vaksin kembali atau masih menunggu solusi dari pemerintah lebih lanjut.

Darnichn.



Related Articles