Breaking NewsPMI lainnya

Terkatung-katung di Malaysia, PMI Asal Lembang Akhirnya Bisa Pulang

Endik Sopandi (45) tak kuasa menahan haru tatkala ia akhirnya bisa menginjakkan kakinya lagi di Indonesia dan bertemu dengan keluarga besarnya setelah terkatung-katung di Malaysia selama hampir setahun belakangan.

Warga Kampung Gamblok, RT 06/07, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat itu tiba di rumahnya disambut isak tangis bahagia keluarga pada Senin (11/10/2021) petang. Endik sendiri merupakan seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang mengadu nasib di Malaysia sejak tahun 2015. Namun bukannya untung, kehidupannya selama berada di negeri jiran itu justru membuatnya menderita.

Endik berangkat ke Malaysia tanpa menempuh prosedur resmi, ia harus mengeluarkan biaya sebesar 38 ribu ringgit atau sekitar Rp 12 juta kepada sebuah agen dengan iming-iming gaji yang cukup besar dan pekerjaan yang mentereng.

Saat di Malaysia ia menjalani berbagai pekerjaan, mulai dari menjadi sopir di salah satu tempat pencucian kendaraan, buruh perkebunan kelapa sawit, hingga akhirnya tak bekerja sama sekali karena sakit-sakitan. Endik akhirnya meminta pertolongan kepada pemerintah Indonesia agar segera dipulangkan ke tanah air. Selama tak bekerja karena penyakitnya, ia mengaku terus menggantungkan hidup pada rekan-rekannya termasuk obat-obatan.

Akhirnya secercah harapan menghampiri Endik takala Konsulat Jenderal Indonesia di Malaysia menghubunginya. Ia pulang ke Indonesia dibantu Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bandung Barat serta Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

Sesuai Standar Operasional Prosedural (SOP), Disnakertrans terlebih dahulu berkirim surat ke Konsulat Jenderal (Konjen) Republik Indonesia terkait kondisi Endik. Ketiadaan paspor Endik yang ditahan perusahaannya tempat bekerja sempat menjadi kendala. Setelah menempuh prosedur yang cukup panjang, Endik kemudian bisa dipulangkan dengan biaya ditanggung pemerintah. Ia langsung dijemput Disnakertrans dan perwakilan BP2MI di Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung.

Darnichn.



Related Articles