Breaking News

TBC Menjadi Salah Satu Penyebab Pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI)

Indonesia menjadi salah satu negara yang berkomitmen tinggi untuk mencapai target Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu eliminasi TBC.

TBC atau Tuberkulosis merupakan satu dari 10 penyebab kematian tertinggi di dunia, WHO pada 2020 melaporkan bahwa Indonesia bertengger di posisi nomor 2 sebagai negara dengan jumlah kasus TBC tertinggi di dunia. Jumlahnya mencapai 845.000 kasus dengan 96.000 kematian akibat TBC per tahun.

Terhadap PMI yang memiliki masalah kesehatan yang berbeda dibandingkan pekerja pada populasi umum, termasuk resiko terkena TBC. Terdapat 3 faktor resiko yang menyebabkan PMI rentan terkena TBC, yakni faktor individu dimana banyak PMI yang ditempatkan tunggal di pemukiman padat penduduk, kemudian rendahnya status sosial dan ekonomi serta kondisi kekurangan gizi dan malnutrisi di daerah asal. PMI yang terkena TBC ini beresiko kehilangan pekerjaan karena kondisi keuangan yang kurang memadai.

“Penanganan perlindungan bagi PMI perlu dimulai dari tahap persiapan berangkat, saat berada di lokasi kerja, saat karantina hingga ketika kembali lagi ke tanah air karena berkaitan dengan resiko penyakit menular, salah satunya TBC. Sehingga upaya ini tidak hanya bisa diselesaikan oleh sektor kesehatan namun juga sektor lainnya seperti sektor ketenagakerjaan karena berkaitan dengan pekerja migran,” ujar Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Riskiyana, Selasa (10/8/2021).

Dalam hal ini, sangat penting sekali untuk dilakukan upaya penanggulangan TBC pada PMI yang komprehensif dan terintegrasi dengan program TBC nasional. Berdasarkan data Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), jumlah PMI bermasalah yang meninggal semakin meningkat setiap tahunnya.

Melihat pentingnya penanggulangan TBC bagi Pekerja Migran Indonesia, Yayasan KNCV Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan merumuskan model penanggulangan TBC yang efektif pada kelompok PMI dengan melakukan analisis situasi menyeluruh terkait situasi dan kondisi di lapangan.

Darnichn.
\



Related Articles