Breaking News

Tak Ada Kejelasan Selama Setahun, Belasan Calon PMI Mendatangi Rumah Calo

Belasan calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) mendatangi sebuah rumah yang diduga merupakan tempat tinggal seorang calo sponsor, di Kampung Pasir Jariah, Desa Sukamaju, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur pada Senin, 2 Agustus 2021.

Adapun kedatangan belasan calon PMI ini bertujuan untuk mempertanyakan keberangkatan mereka ke luar negeri yang hingga kini tidak ada kejelasan, kemudian mereka mengharapkan untuk mengembalikan uang yang sudah mereka berikan kepada calo tersebut.

“Kedatangan kami untuk mempertanyakan keberangkatan ke luar negeri karena sudah satu tahun tidak juga ada kejelasan,” kata Yadi Lubis (40) yang merupakan salah satu calon PMI. Secara keseluruhan, korban calo sponsor PMI dengan inisial SP (48) itu mencapai 70 orang. Kalaupun memang tidak bisa berangkat, terang Yadi Lubis, mereka meminta agar uang sebesar 6 juta per orang untuk dikembalikan.

“Saat ini kami masih mediasi dan semoga ada solusinya,” tuturnya. Sementara itu, SP juga mengaku menjadi korban seorang sponsor dari Jakarta, karena sudah menyerahkan uang dengan total 480 juta. “Saya juga korban dan sudah menyerahkan uang ke pihak sponsor dua kali, pertama 100 juta dan kedua 380 juta,” kata SP. SP mengaku dirinya sebagai korban utama juga mengalami penipuan dan mengalami kerugian paling besar secara materi mencapai ratusan juta rupiah.

“Tentunya saya akan bertanggung jawab tapi mohon untuk bersabar, karena membutuhkan waktu dalam memprosesnya,” tandas SP.

Darnichn.



Related Articles