Breaking NewsPMI Malaysia

Stroke dan Dioperasi di Kepala, PMI Perempuan Dipulangkan dari Malaysia

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kuching membantu pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Sarawak, Malaysia. PMI tersebut dikenal dengan nama Seda (37) itu mengalami stroke dan menjalankan operasi di kepala.

“Kami hari ini kembali membantu pemulangan seorang PMI atas nama Seda (37) asal Bulukumba, Sulsel karena kondisi khusus yakni sakit stroke,” kata Kepala KJRI Kuching, Tonny Tri Prayitno, Jumat (6/8/2021). Dia juga menceritakan, Seda sebelumnya bekerja di perkebunan sawit dan karena penyakit darah tinggi yang diderita membuat dia terserang stroke dan dilarikan ke Rumah Sakit Sibu. Kondisinya yang parah membuat Seda harus menjalani operasi di kepala.

Pihak rumah sakit menyarankan agar Seda melanjutkan perawatan di Indonesia dan menghubungi KJRI Kuching untuk membantu proses pemulangannya. KJRI kemudian membantu pemulangan Seda dan mengurus segala dokumen kelengkapan pemulangan (repatriasi Seda dari Malaysia ke Indonesia).

Seda akhirnya dipulangkan melalui PLBN Entikong di Sanggau, Kalimantan Barat pada Kamis (5/8/2021). “Bersamaan dengan itu kami juga membantu pemulangan 8 orang PMI yang bermasalah dan terlantar di Sarawak yaitu terdiri dari 2 orang laki-laki dan 6 orang perempuan,” ujar Tonny. Dia juga memastikan proses pemulangan Seda dan 8 orang PMI bermasalah tersebut berjalan dengan lancar dan melalui prosedur Covid-19. Sebelum dipulangkan, mereka sempat ditampung di shelter KJRI di Kuching.

Darnichn.



Related Articles