Breaking NewsPMI Taiwan

Status Siaga II di Taiwan Kembali Diberlakukan Hingga 18 Oktober, Namun Boleh Tidak Pakai Masker, Boleh Karaoke di Tempat Berikut

Dalam konferensi persnya hari ini (4/10/2021) CECC kembali mengumumkan pemberlakuan status Siaga II diperpanjang lagi mulai 5 Oktober hingga 18 Oktober 2021.

Kepala CECC Chen She-chong mengatakan, meskipun kasus epidemi dalam negeri sudah berkurang dan bisa dikendalikan secara stabil, namun setelah berdiskusi dan melakukan evaluasi dengan pihak terkait, maka status Siaga II masih diberlakukan dengan disesuaikan pada ketentuan yang berlaku.

Selain ketentuan sebagaimana yang berlaku pada status Siaga II, namun ada beberapa tempat yang dilonggarkan bahkan ada beberapa tempat yang bisa didatangi tanpa perlu lagi mengenakan masker.

A. Tempat yang dilonggarkan sesuai peraturan dari otoritas berwenang tentang manajemen prokes yaitu:

  1. Tempat game, tempat rekreasi informatika, MTV, KTV (KTV memilih lagi sendiri, KTV menggunakan telpon), permainan di papan/meja, tempat mahyong.
  2. Tempat ibadah. Boleh pai-pai atau membakar dupa, dan makan bersama dengan mengikuti peraturan prokes. Bisa menggunakan tempat duduk untuk ritual tanpa ada pembatasan.
  3. Rumah makan. Boleh makan di dalam tanpa harus menyekat meja.
  4. Supermarket. Boleh jualan telur rasa teh ( Cha Yek Tan θŒΆθ‘‰θ›‹), bubur Kuang Thong.
  5. Membawakan acara TV. Jika pembawa acara TV dapat menjaga jarak dengan anggota staf lainnya maka tidak perlu mengenakan masker selama rekaman.

B. Mulai 5 Oktober jika berada di beberapa tempat berikut tidak perlu mengenakan masker:

  1. Pekerja di pertanian (ladang), perhutanan (gunung, hutan), perikanan, dan peternakan tidak perlu mengenakan masker. Tetapi tetap harus membawa masker, dan tetap menjaga jarak dengan orang lain.
  2. Kegiatan di hutan pegunungan seperti tempat rekreasi hutan dan kegiatan di pantai, tidak perlu mengenakan masker. Tetapi tetap harus membawa masker, dan tetap menjaga jarak dengan orang lain.
  3. Dalam situasi tersebut di atas jika berkumpul dengan banyak orang, beraktifitas atau melakukan kegiatan dengan banyak orang dan tidak bisa menjaga jarak, maka harus tetap mengenakan masker.
  4. Apabila pejabat berwenang memiliki peraturan sendiri maka harus mengikuti peraturan tersebut.

C. Tempat-tempat yang masih ditutup antara lain, ruang karaoke, ruang dansa, klub malam, pub, restoran, bar, hotel, salon.

CECC mengingatkan, kecuali yang tersebut di atas, jika keluar harus tetap mengenakan masker, menerapkan sistem, dan tetap menjaga jarak.

Selain itu, tempat bisnis dan tempat umum harus tetap memperhatikan pengontrolan jumlah dan kapasitas pengunjung tetap harus disesuaikan dengan Peraturan yang ditetapkan Siaga II.



Related Articles