Breaking NewsPMI Taiwan

Siapakah Agensi Kalian, Agensi di Taiwan Ini Ditangkap Karena Memalsukan Dokumen, Sudah 16 Orang Jadi Korban

Sebanyak 8 pekerja migran asal Indonesia dan Filipina serta 8 majikan menjadi korban agensi nakal yang memalsukan berkas perizinan dari depnaker dan imigrasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Tim satuan khusus imigrasi New Taipei City saat melakukan penyelidikan dan menindaklanjuti kasus agensi Kuang Da yang dilaporkan memalsukan dokumen oleh beberapa majikan.

Imigrasi mengatakan, izin pengoperasian Agensi Kuang Da sudah habis masa berlakunya sejak bulan November tahun lalu, namun Agensi yang sudah berdiri 21 tahun itu masih tetap menjalankan operasinya dengan menyalahgunakan wewenangnya.

Agen tersebut diduga memalsukan “Surat Izin Kerja dari Kementerian Tenaga Kerja”, “Izin Tinggal Orang Asing”, dan “Penerimaan Aplikasi Departemen Imigrasi untuk Perpanjangan Tempat Tinggal” yang dioperasikan secara pribadi.

Adapun modus penyalahgunaannya seperti berikut, agensi tersebut memodifikasi surat-surat diatas sebaik mungkin layaknya yang asli. Namun sebenarnya mereka tidak memperpanjang izin tinggal pekerja migran yang sudah masuk ke Taiwan beberapa bulan, sehingga mereka menjadi pekerja migran ilegal.

Menurut pengakuan salah satu majikan yang menjadi korban, mereka membayar biaya agensi secara rutin setiap bulannya, namun ternyata status mereka menjadi majikan ilegal.

Imigrasi meminta supaya masyarakat maupun pekerja migran yang direkrut melalui agensi tersebut berhati-hati dan segera melaporkannya.

Sementara itu, kasus ke-8 pekerja migran tersebut saat ini sudah ditangani oleh TIWA.
Sedangkan kasus agensi tersebut telah dikirim ke Kantor Kejaksaan New Taipei City untuk dilakukan penyelidikan atas dugaan penipuan, pelanggaran kepercayaan, memalsukan dokumen, dan menjadi agensi ilegal untuk meraup keuntungan.



Related Articles