Breaking NewsPMI lainnya

Sering Diintimidasi Majikan, TKW Asal Cipongkor Tak Bisa Pulang dari Abu Dhabi

Ketua DPC Astakira Cianjur , Ali Hildan tengah menangani keluhan dari TKW yang bekerja di Abu Dhabi. Ali yang sempat kedatangan Oom (58) yang merupakan seorang ibu kandung dari TKW asal Kampung Cijagra, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.

“Meminta pendampingan untuk mengurus kepulangan anaknya Ristin Hardian yang tak kunjung pulang dari Negara Abu Dhabi,” ujar Ali, Jumat (1/10/2021) di kantor DPC Astakira Jalan Pramuka Cianjur. Ali mengatakan, Ristin jadi TKW di luar negeri pada 10 September 2019 melalui perusahaan jasa penyalur tenaga kerja di Jakarta.

Menurut ibu kandung PMI tersebut, Ristin bekerja ke luar negeri demi membantu ekonomi keluarga. “Ia tak kunjung dipulangkan majikan setelah habis kontrak kerjanya pada bulan lalu, selain itu Ristin juga sering mendapatkan intimidasi dari majikan jika dirinya meminta dipulangkan ke Indonesia,” katanya.

Astakira menerima permohonan bantuan dari ibu kandung itu agar pemerintah bisa memulangkan Ristin. “Ibunya juga meminta pertanggungjawaban pihak perusahaan yang memproses keberangkatan anaknya tersebut,” katanya. Ali juga mengatakan bahwa kejadian serupa banyak terjadi terhadap TKW setelah habis kontrak masa kerjanya.

Menurut Ali sudah dijelaskan dalam Undang-Undang nomor 18 tahun 2017 tentang perlindungan pekerja migran Indonesia bahwa PMI mendapatkan perlindungan sebelum bekerja, sedang bekerja dan setelah bekerja.

“Maka kami selaku penerima aduan akan terus berupaya untuk memperjuangkan agar PMI Ristin segera dipulangkan ke tanah air serta haknya dan pihak Astakira Cianjur akan segera melaporkan pihak perusahaan ke instansi terkait,” katanya.

Darnichn.



Related Articles