Breaking NewsPMI lainnya

Seorang Pekerja Migran Indonesia Kontraksi dan Melahirkan Saat Karantina

Di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, suasana tegang terjadi di kala seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang sedang menjalani karantina tiba-tiba mengalami kontraksi dan akan melahirkan.

PMI yang diketahui berasal dari Pamekasan, Madura tersebut yaitu bernama Hasanah. Hasanah baru saja tiba dari Malaysia pada tanggal 19 Juli 2021, dengan hasil test negatif Covid-19. Tetapi meskipun hasil test negatif, tetap harus menjalani karantina sebagaimana yang sudah menjadi aturannya.

Pada hari ketiga karantina di Asrama Haji, Hasanah yang mengalami kontraksi akhirnya melahirkan seorang bayi perempuan secara normal. Adapun proses kelahiran pada awalnya dibantu oleh Satpol PP yang bertugas. “ Tadi pagi saat kami dari Tim Trenggana Satpol PP Jatim sedang bertugas di rumah isolasi OTG di gedung E2 Asrama Haji, kami mendapatkan panggilan telepon dari KKP. Bahwa ada seorang PMI yang akan melahirkan,” ungkap Ketua Tim Trenggana Satpol PP Jatim, M.Solihin di Surabaya, Kami (22/7/2021).

Untuk proses melahirkannya sendiri, akhirnya Hasanah dibantu oleh seorang dokter umum yang sedang bertugas di poli Asrama Haji saat ini. Saat kondisi darurat, tempat tidur Hasanah sudah mudal dibanjiri dengan banyak darah. Solihin mengaku langsung mencari kain dan menyiapkan air hangat untuk membantu proses persalinan tersebut. Solihin juga menjelaskan bahwa bayi berkelamin perempuan tersebut sempat terlilit tali pusar, namun untung saja proses kelahiran bisa berjalan lancar.

Kandungan Hasanah diketahui baru berusia 8 bulan, sehingga kondisinya sangat lemah dan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi maka Hasanah dirujuk ke RS Haji sedangkan bayi dirawat dengan inkubator.

Darnichn.



Related Articles