Breaking News

PMI Yang Dinyatakan Positif Covid-19 di Taiwan Ini Punya Catatan 8 Kali Test PCR Karena Alasan Berikut

Dalam konferensi pers hari ini (29/9/2021) CECC Taiwan mengumumkan ada penambahan klaster baru dalam negeri (kasus ke 16326) yaitu seorang pekerja migran asal Indonesia perawat pasien.

Kasus PMI berumur lebih dari 30 tahun itu merupakan kasus yang unik, sejak bulan Juli hingga hari ini menurut hasil catatan sudah melakukan test covid-19 sebanyak 8 kali dan hasilnya negatif. 7 diantaranya test PCR, yang 1 lagi test skrinning di rumah.

Pada tanggal 27 September kemarin PMI tersebut mengalami sakit kepala, keesokan harinya (28/9) ia ke RS untuk melakukan test PCR yang ke 9 kalinya, dan hasilnya Positif dengan nilai CT 33.

Dinas kesehatan telah melakukan pendataan sebanyak 7 orang yang terdaftar pernah kontak langsung dengan PMI, mereka menjalani karantina mandiri.

Sebagaimana diketahui, PMI ini masuk Taiwan pada bulan Februari tahun lalu. Namun mulai bulan April hingga September tahun ini ia berkali-kali pindah majikan sehingga ia juga sering melakukan test PCR.

Selain itu, ia juga pernah menemani pasien di panti jompo yang mengharuskan ia melakukan test PCR untuk bisa masuk panti. Oleh karena itu, sejak bulan Juli hingga September ia mempunyai catatan sebanyak 8 kali test PCR, dan ia terakhir melakukan test pada 22 September kemarin di rumah.

Sementara itu, Wakil ketua Tim tanggap medis, Luo Yi-jun mengatakan, sesuai dengan penemuan awal kasus ke 16326 ini, sebelum bulan Juli ia telah melakukan test sebanyak 4 kali, maka dari itu terhitung sejak Mei hingga hari ini menurut hasil catatan sebenarnya ia sudah melakukan test 12 kali.

Setelah PMI tersebut didiagnose dengan nilai CT lebih dari 33, Luo Yi-jun mengatakan, untuk menentukan apakah kasus tersebut merupakan infeksi baru atau kasus lama yang telah terinfeksi sebelumnya perlu didasarkan pada status tes antibodi.



Related Articles