Breaking NewsPMI lainnya

PMI di Arab Saudi Meninggal, Tidak Ada Dokumen Sama Sekali Sehingga Sangat Menyulitkan Petugas

Kabar duka kembali menyelimuti keluarga besar PMI (Pekerja Migran Indonesia) di Arab Saudi. Adapun kabar duka tersebut datang dari Dini Dewi yang merupakan salah seorang PMI asal Purwakarta. Berdasarkan hasil pemeriksaan rumah sakit, almarhumah diduga meninggal karena menderita gangguan jantung.

Saat petuga mengurus kelengkapan berkas pemakaman almarhumah, dokumen yang ditemukan hanyalah KTP dan tidak ditemukan paspor, iqamah atau fotokopinya. Adapun dilihat dari KTP tersebut, diketahui almarhumah berasal dari Purwakarta dengan kelahiran Karawang tahun 1985.

Hanya inilah yang dijumpai petugas saat hendak mengurus pemakaman jenazah seorang WNI yang tidak dilengkapi dokumen identitas yang lengkap, tidak ada nomor kontak, nama dan alamat tidak sesuai dengan yang tertera pada dokumen. Akibatnya, saat petugas mencoba menghubungi aparat desa atau kelurahan untuk menanyakan tentang PMI tersebut, sekampung tidak ada yang mengenal nama atau wajah jenazah.

Padahal, apabila jenazah memiliki identitas lengkap atau nomor yang bisa dihubungi, petugas dapat segera menghubungi pihak keluarga terkait di kampung halaman untuk menyampaikan kabar duka ini sekaligus dapat segera diurus proses pemakaman jenazah tersebut.

Oleh sebab itu, pihak KJRI Jeddah untuk kesekian kalinya mengingatkan agar selalu berbekal diri dengan dokumen identitas berisi data diri yang valid. Lebih baik lagi jika dokumen dilengkapi dengan nomor kontak keluarga di tanah air, kerabat atau orang dekat yang juga tinggal di Arab Saudi yang juga mengenal keluarga di kampung halaman.

Darnichn.



Related Articles