Breaking NewsPMI lainnya

PMI Asal Sampang Dikabarkan Kabur dari Tempat Karantina Pemprov Jatim, Apa Alasannya?

Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Sampang yang masih menjalani karantina di Provinsi Jawa Timur, ternyata banyak yang tidak betah. Maka dari itu banyak yang berkaburan dari tempat karantina tanpa ada kejelasan yang pasti.

Kaburnya PMI asal Kota Bahari, sebutan Kabupaten Sampang diketahui dari keberadaan manifes (daftar penumpang) dengan paspor milik para PMI yang pulang dari perantauan ke daerah tidak sesuai. Plt Kabid Penempatan Tenaga Kerja, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) Kabupaten Sampang, Agus Sumarso saat dikonfirmasi tidak mengelak jika ada data manifes dan paspor PMI tidak sesuai. Menurutnya, paspor tidak bertuah karena ada yang kabur dari tempat karantina Pemprov Jatim.

Ditanya mengenai berapa paspor yang tidak bertuah, Agus Sumarso mengaku ada puluhan paspor yang ditahan karena pemiliknya tidak ada. “Sebenarnya kami sudah laporkan ke petugas Provinsi biar jadi bahan evaluasi. Sebab ketika kami tanyakan alasan PMI yang tidak ada, malah petugas di sana hanya diam saja. Peristiwa ini kami laporkan karena sudah sering terjadi untuk PMI Sampang. Ketika mau dijemput malah orangnya tidak ada, padahal kan belum waktunya pulang,” ujarnya.

“Yang kami ketahui, PMI yang sudah dijemput alhamdulillah negatif Covid tapi jika masih positif akan sangat berbahaya sekali,” pungkasnya.

Sebelumnya, DPMPTSP dan Naker Kabupaten Sampang memprediksi kepulangan PMI dari Malaysia ke daerahnya akan berlanjut hingga akhir 2021 mendatang.

Darnichn.



Related Articles