Breaking NewsPMI Taiwan

Pendaftaran Suntik Vaksin Secara Online di Taiwan Diperpanjang, Berikut Caranya

Pendaftaran suntik vaksin atas kesadaran sendiri tahap ke 3 secara online di Taiwan diperpanjang hingga tanggal 19 Juli pukul 12 siang, sebagaimana diumumkan CECC kemarin (15/7/2021).

Untuk itu, masyarakat yang berumur 18 tahun ke atas, pekerja migran, mereka yang memiliki ARC atau kartu askes bisa melakukan pendaftaran secara online sekarang juga.

Prosesnya ada dua tahapan, untuk tahap pertama pendaftaran identitas diri dan pemilihan jenis Vaksin, sedangkan tahap kedua pendaftaran pemilihan tempat dan waktu untuk melakukan vaksin.

Adapun cara pendaftaran atau registrasi melalui online tahap pertama yaitu dengan mengklik link ini https://1922.gov.tw/vas/ lalu ikuti petunjuknya.

Langkah 1. Daftar/登記
Setelah masuk ke platform reservasi Vaksinasi Covid-19 publik, untuk mendaftar maka pilih yang bagian kiri (意願登記) lalu klik kolom yang bertuliskan “登記/Daftar”.

Langkah 2: Input Data
Setelah diklik 登記 maka akan keluar laman yang bertuliskan “身份驗證/input data diri”, lalu ikuti langkah Berikut:

  • Masukkan nomor ARC di kolom bagian atas yang ada tulisan 身分證號
  • Kemudian masukkan nomor askes di kolom bagian tengah yang ada tulisan 健保卡卡號
  • Masukkan code captcha yang tersedia di kotak sebelah kanan.
    Kemudian klik kolom 執行身份認證/verifikasi identitas.

Langkah 3: Memilih Lokasi dan jenis Vaksinasi.
Masuk ke laman 接種意願登記/mendaftar Vaksinasi.

  • Masukkan no. ARC (身分證號)
  • Masukkan nama lengkap (姓名)
  • Masukkan nomer hp (手機號碼)
  • Pilih nama kota/kabupaten di kolom sebelah kiri, dan kecamatan di kolom sebelah kanan (選擇接種區域)
  • Pilih jenis vaksin dengan memberi tanda centang (選擇疫苗種類). AZ ( Astra Zeneca) atau Moderna (莫德納)
    Lalu klik kolom “確認送出“ konfirmasi dikirim.

Langkah 4: Hasil pendaftaran
Di halaman ini dijelaskan bahwa pendaftaran anda sudah berhasil. Periksa dan pastikan semua data yang diinput sudah benar. Apabila terdapat kesalahan maka harus mendaftar ulang. Caranya dengan mengklik “修改登記/revisi pendaftaran”.
Apabila ingin membatalkan Vaksinasi maka anda tinggal mengklik kolom bagian kanan bawah “取消登記/dibatalkan”.

Ingat!
Ini hanya pendaftaran kesediaan vaksin dan jenis Vaksin, untuk pendaftaran penyuntikan vaksin di platform terpisah/kembali ke laman utama.

Setelah pendaftaran selesai, 1922 akan mengirimkan pemberitahuan melalui SMS kepada orang yang memenuhi syarat untuk divaksin.

Kemudian langkah selanjutnya adalah “Pendaftaran pemilihan lokasi dan waktu (reservasi) penyuntikan vaksin secara online”.

Untuk pendaftaran reservasi ada dua pilihan, bisa dilakukan secara fisik atau datang langsung ke mesin yang tersedia di toko waralaba, apotik atau Dinas kesehatan. Caranya, dengan memasukkan kartu Askes ke mesin lalu pilih Lokasi dan waktu penyuntikan vaksin sesuai yang diinginkan.

Adapun cara kedua bisa dilakukan pendaftaran reservasi secara online, langkah pertama yang harus dilakukan sama dengan sebelumnya yaitu mengklik link ini https://1922.gov.tw/vas/ lalu ikuti petunjuknya.

Langkah 1. Daftar reservasi

Setelah masuk ke platform reservasi Vaksinasi, untuk mendaftar janjian maka pilih yang bagian kanan yang berwarna hijau tua (預約接種) lalu klik kolom yang bertuliskan “預約/reservasi”.

Untuk metode pendaftaran ada dua pilihan, dengan menggunakan Kartu askes + kode Sandi pendaftaran (健保卡+註冊密碼), dan menggunakan aplikasi askes + kode/nomor OTP (健保App+OTP認證碼).

Langkah 2: Memilih metode reservasi

Setelah masuk ke laman ini, akan muncul dua pilihan metode reservasi.

  1. Yang sebelah kiri warna biru dengan menggunakan Kartu askes+kode Sandi pendaftaran. Apabila anda memilih menggunakan metode ini, anda harus menyiapkan kartu Askes dan card reader (健保卡, 讀卡機).
  2. Apabila menggunakan metode kode otentikasi App.askes+nomor OTP, pilih kotak bagian kanan kemudian klik kolom warna putih yang bertuliskan 用此方式預約.

Langkah 3: Menyelesaikan verifikasi identitas.
Contoh pendaftaran dengan menggunakan metode kode otentikasi Askes+nomor OTP.

Setelah masuk laman yang bertuliskan “身份驗證/input data diri”.

  • Masukkan nomor ARC di kolom bagian atas yang bertuliskan 身分證號
  • Masukkan kode otentikasi App askes di kolom bagian tengah yang bertuliskan 健保App認證號
  • Masukkan code captcha yang tersedia di kotak sebelah kanan.
    Kemudian klik kolom 執行身份認證/verifikasi identitas.

Setelah menyelesaikan verifikasi identitas sesuai dengan langkah-langkah di atas, kemudian pilih lokasi dan waktu penyuntikan vaksin.

Apabila pada hari yang telah dijanjikan anda tidak datang berarti membatalkan Vaksinasi dan anda harus mengajukan ulang.



Related Articles