Breaking NewsPMI lainnya

Pemulangan 120 Orang Pekerja Migran Asal Sumut Difasilitasi HIMASU Malaysia

Himpunan Masyarakat Sumatera Utara (HIMASU) Malaysia memfasilitasi 120 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Sumatera Utara agar bisa kembali ke tanah air.

Ketua HIMASU Malaysia, Syafriadi Pasaribu mengatakan pemulangan pekerja migran Indonesia asal Sumatera Utara ini merupakan program HIMASU yang membantu program dari Kerajaan Malaysia. Pemulangan ini dilakukan karena dampak pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini.

“Hari ini kita pulangkan 120 orang, rencananya ada beberapa tahap. Saat ini memang ada 700an anggota HIMASU, karena memang kita baru satu tahun juga terbentuk. Nah, ini kita fasilitasi, ada yang rentan, tidak ada dana, kita bantu untuk memulangkan Pekerja Migran asal Indonesia di bawah naungan HIMASU,” ujarnya saat diwawancarai, Jumat (27/8/2021).

Dikatakannya, Program Kerajaan Malaysia dalam pemulangan tenaga migran Indonesia dimulai dari bulan Juli hingga Desember. “Jadi saat ini banyak pekerja yang hendak pulang tapi tak ada biaya. Ditambah lagi ada yang harus bayar denda sampai 500 ringgit terkait ke-Imigrasian, itu kita bantu semua masalah dana sehingga yang mau pulang, bisa pulang ke Indonesia,” ungkapnya.

Syafriadi menyatakan ucapan terima kasih kepada para tenaga migran yang telah bersabar dengan kondisi Covid19 sehingga mereka juga merasakan kesulitan dalam bekerja. Dia juga berharap pihak KBRI dapat mempermudah permasalahan dokumen-dokumen yang dialami para Pekerja Migran Indonesia di Malaysia.

Seluruh PMI yang dipulangkan mengaku masih menunggu perpanjangan kontrak jadi sembari menunggu, mereka memilih pulang dulu karena di Malaysia pun mereka belum bisa kerja lagi disebabkan adanya pandemic Covid-19 ini. Para pekerja migran asal Sumut setibanya di bandara KNIA saat ini sedang menunggu pemeriksaan dokumen, Jumat (27/8).

Darnichn.



Related Articles