Breaking NewsPMI Taiwan

Pekerja Migran Indonesia (PMI) Mengalami Pelecehan Seksual Oleh Majikan yang Adalah Seorang Kakek

Seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebut saja namanya Ani (nama samaran) yang bekerja sebagai perawat di Kinmen tidak tahan karena harus terus terusan mengalami pelecehan seksual oleh seorang kakek yang tidak lain adalah majikannya sendiri.

Ani mengaku dirinya telah tinggal bersama sang kakek selama setahun. Atas perbuatan keji yang dilakukan oleh majikan, dia pun mengambil kesempatan untuk merekam video saat kakek menyentuh pantatnya dan payudaranya. Dengan menggunakan video hasil rekaman yang dijadikan bukti inipun, Ani kemudian mengadu kepada Pemerintah Kabupaten Jinmen. Namun ternyata pemerintah kabupaten tidak menghiraukan laporannya dan bahkan menyuruhnya untuk berdamai dengan kakeknya. Yang lebih parahnya lagi, Pemerintah Kabupaten Kinmen menuduh PMI tersebut hanya menggunakan kasus pelecehan seksual tersebut sebagai alasan agar bisa berpindah majikan.

Ada lebih dari 700.000 pekerja migran di Taiwan yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga dan merawat lansia. Namun, kasus pelecehan seksual dan serangan pribadi lainnya di antara pekerja migran kerap sekali terjadi. Salah satunya Ani yang bekerja sebagai pengasuh di Kinmen mengalami beberapa kali pelecehan seksual seperti serangan payudara, pantat, dan pelukan selama setahun. Oleh Pemerintah Kabupaten Kinmen, kelompok PMI menuduhnya gagal membantu dan menindaklanjuti kasus ini.

Ani kemudian memberitahukan kepada Agency nya untuk segera berpindah majikan. Ani bisa berpindah majikan tetapi dengan syarat harus mencabut laporan mengenai pelecehan seksual yang dialaminya. Ani juga diharuskan untuk membuat surat pernyataan bahwa dengan majikan yang sekarang dirinya baik baik saja dan tidak ada masalah apapun. Atas kasus yang menimpa Ani ini ternyata menarik banyak perhatian serta pastinya banyak menuai pro dan kontra. Ada yang membela si kakek yang pikun sehingga tidak tahu bahwa tindakan yang dilakukannya termasuk pelecehan seksual namun banyak juga yang membela Ani selaku PMI yang terus terusan mengalami perlakukan seksual selama bekerja sebagai perawat.

Darnichn.



Related Articles