Breaking NewsPMI Malaysia

Operasi Imigrasi Malaysia di Selangor, 22 Pekerja Migran Ilegal Ditahan, 1 Orang Sembunyi Dalam Lemari Baju

Departemen Imigrasi Malaysia (JIM) Negeri Selangor telah menahan 22 orang pekerja migran ilegal atau yang diistilahkan Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI) dalam sebuah operasi yang dilakukan di sebuah pemukiman di daerah Klang, Selangor, Rabu (15/9).

Dalam operasi tersebut, sebanyak 26 orang warga asing diperiksa dan 22 orang diantaranya telah ditahan atas berbagai kesalahan keimigrasian.

Ketika dilakukan pemeriksaan, seorang laki-laki warga Indonesia mencoba bersembunyi di dalam lemari baju. Sebelumnya, istri dari laki-laki tersebut sempat memberitahukan bahwa suaminya sedang bekerja di Johor.
Namun, pegawai JIM yang menjalankan operasi akhirnya bisa menangkap laki-laki tersebut ketika sedang sembunyi dalam lemari baju.

Mereka semua yang ditahan kemudian dibawa ke Bahagian Penguatkuasa, Pejabat Imigresen Negeri Selangor untuk proses hukum lebih lanjut dan selanjutnya akan ditahan di Depot Imigresen (rumah detensi imigrasi, Red) Semenyih.

Beberapa kesalahan keimigrasian yang dilakukan 22 orang tersebut antara lain tidak mempunyai dokumen atau permit untuk tinggal dan bekerja di Malaysia serta tinggal lebih masa (overstay).

JIM melaporkan bahwa pihaknya juga akan menyelidiki pemilik rumah yang disewa para PATI tersebut, dan apabila terbukti, pemilik rumah itu juga akan dikenakan tindakan hukum atas kesalahan melindungi PATI.

JIM juga mengimbau kepada warga asing tidak mempunyai dokumen yang sah untuk tiggal dan bekerja di Malaysia agar mengikuti program Rekalibrasi PATI yang sedang berlangsung hingga akhir tahun ini. (rozi_EM)



Related Articles