Breaking NewsPMI Malaysia

Operasi Imigrasi Malaysia di Hari Libur Peringatan Kemerdekaan: 26 Warga Asing Ditahan, 1 Orang Terjun ke Danau

Departemen Imigrasi Malaysia (JIM) telah melaksanakan serangkaian operasi ketika hari libur peringatan hari kemerdekaan Malaysia (Hari Kebangsaan 2021). Operasi tersebut dilakasanakan pada tanggal 31 Agustus 2021 dan 1 September 2021 di sekitar Pudu, Kuala Lumpur dan Puchong serta Cyberjaya, Selangor.

Operasi pertama pada 31 Agustus 2021 dijalankan di sebuah hotel yang diyakini digunakan sebagai tempat pelacuran di Pudu, Kuala Lumpur. Dalam operasi tersebut, sebanyak 63 orang individu telah diperiksa dan hasilnya sebanyak 12 orang warga asing telah ditahan yang terdiri dari lima orang wanita warga negara Vietnam dan tujuh lelaki warga negara Bangladesh.

Operasi selanjutnya dijalankan di dua lokasi tempat tinggal warga asing di kawasan Puchong, Selangor pada tanggal 1 September 2021 sekitar pukul 1 dini hari. Sebanyak 21 orang diperiksa dan hasilnya 12 orang warga asing yang terdiri dari lima lelaki warganegara Bangladesh, seorang lelaki dan enam wanita warga negara Indonesia telah ditahan karena tidak bisa menunjukkan dokumen yang sah.

Selanjutnya, sekitar pukul 1 siang pada 1 September 2021, JIM kembali melakukan operasi di sebuah klub komunitas di kawasan Cyberjaya, Selangor. Pemeriksaan dilakukan terhadap dua orang lelaki warga negara Ghana yang bekerja di klub komunitas tersebut. Ketika menyadari kehadiran pegawai JIM yang melakukan operasi, warga Ghana tersebut mencoba melarikan diri dan salah satu dari mereka terjun ke dalam danau di belakang klub. Pegawai operasi pun terpaksa terjun ke dalam danau untuk menahan warga asing tersebut dan kedua orang Ghana itu akhirnya ditahan karena tidak mempunyai dokumen yang sah.

Dalam serangkaian operasi di hari libur peringatan hari kemerdekaan Malaysia yang diperingati setiap tanggal 31 Agustus ini, sebanyak 26 orang warga asing telah ditahan dan sebanyak empat orang warga lokal Malaysia telah diberikan surat panggilan untuk hadir memberi keterangan.

Melalui Kenyataan Media (siaran pers) tertanggal 1 September 2021, JIM menyebut, semua tahanan ini akan ditempatkan di Depot Imigresen (rumah detensi imigrasi, Red) di Semenyih, Selangor untuk proses hukum lebih lanjut sesuai dengan peraturan perundang-undangan di Malaysia. (Rozi_EM)



Related Articles