Breaking News

Mulai 19 Mei Taiwan Tutup Sementara Masuknya Warga Negara Asing Termasuk Pekerja Migran

Mengingat jumlah kasus baru terkonfirmasi covid-19 di Taiwan terus meningkat, mulai tanggal 19 Mei 2021 pukul 00:00 semua warga asing yang tidak memiliki ARC dilarang masuk maupun transit di Taiwan.

Hal itu disampaikan kepala CECC Chen She-chong dalam siaran persnya sore tadi (17/5), tindakan pengendalian tersebut akan berakhir pada 18 Juni mendatang.

Kementerian tenaga kerja (kemenaker) malam ini mengatakan, tindakan pengendalian berlaku juga terhadap pekerja migran. Pekerja migran untuk sementara dilarang masuk ke Taiwan hingga 18 Juni.

Sebagai tanggapan atas penghentian sementara masuknya pekerja migran dan untuk memenuhi kebutuhan pekerja pabrik dan rumah tangga, kemenaker merencanakan langkah-langkah penanggulangan sebagai berikut:

  1. Secara otomatis Surat izin perekrutan pekerja migran diperpanjang. Masa berlakunya Surat tersebut adalah 6 bulan. Jika dalam masa itu majikan belum bisa mendatangkan pekerja migran, majikan dapat mengajukan perpanjangan ke depnaker.
  2. Majikan meminta bantuan ke lembaga perawatan untuk menyediakan perawat. Kementerian kesehatan dan kesejahteraan telah membentuk layanan perawatan jangka panjang 2.0. Jika pasien disabilitas di rumah membutuhkan perawat, mereka bisa menghubungi hotline 1966.
  3. Langkah-langkah bantuan dengan memperkerjakan pekerja lokal untuk mengatasi kekurangan pekerja

HaniTW



Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.