Breaking NewsPMI lainnya

Menyedihkan, Akibat Kecelakaan di Dubai PMI ini Batal Bekerja

Adalah Lesi Kulsum (33), Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kampung Loneng, Desa Mekarjaya, Kecamatan Sukaluyu, Cianjur kini lumpuh serta hilang ingatan akibat kecelakaan yang dialaminya di Dubai. Akibat kecelakaan itu, ia pun batal bekerja untuk seorang majikan di Dubai.

Yanto Firmanullah (35) yang merupakan suami Lesi mengatakan bahwa istrinya baru pertama sekali berangkat ke Dubai pada Januari 2021 dengan niat ingin memperbaiki perekonomian keluarga. “Kondisi pandemi yang serba sulit membuat istri saya berniat bekerja ke Dubai, padahal saya sudah melarangnya namun dia tetap kukuh,” kata Yanto, Selasa (21/9/2021).

Lesi berangkat ke Dubai melalui salah satu perusahaan yang ada di Jakarta namun setibanya dia di Dubai, kendaraan yang ditumpanginya untuk ke tempat penampungan di kota Dubai mengalami kecelakaan. Yanto menjelaskan bahwa istrinya sempat dirawat di salah satu rumah sakit yang ada di Dubai selama 6 bulan. Dia juga sempat mengalami koma selama beberapa bulan hingga pada akhirnya dia divonis lumpuh dan hilang ingatan.

Mendengar kabar tersebut, pihak keluarga pun meminta supaya Lesi dipulangkan dan dirawat di Indonesia. Sepulangnya Lesi di Indonesia, Lesi rutin melakukan pengobatan ke Rumah Sakit maupun terapi untuk menyembuhkan penyakitnya dengan biaya mengandalkan dari pihak perusahaan penyalur PMI.

Yanto berharap, Pemerintah Kabupaten Cianjur bisa membantu baik untuk pengobatan maupun bantuan lainnya mengingat gaji dari bekerja sebagai perangkat desa tidak mencukupi. “Kalau gaji saya mana cukup, meskipun ada dari PT tapi kadang tidak cukup. Saya harap pemerintah bisa membantu,” ungkapnya. Sementara itu, ketua DPC Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia Raya (Astakira) Ali Hildan mengatakan bahwa pihaknya akan mengupayakan bantuan melalui Dinas Sosial (Dinsos) sebeb pemberangkatan yang dilakukan oleh Les non prosedural.

“Inikan pemberangkatan non prosedural jadi bila mana ada kecelakaan maka tidak bisa mendapatkan asuransi. Oleh karena itu, kita akan mengupayakan bantuan melalui Dinas Sosial (Dinsos),” katanya.

Darnichn.



Related Articles