Breaking News

Menaker Ancam Akan Beri Sanksi Kepada Agensi Nakal yang Merugikan Pekerja Migran Indonesia

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menegaskan akan memberi sanksi kepada agensi nakal yang merugikan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Ini disampaikan setelah dirinya banyak mendengarkan keluhan dari PMI yang ada di Taiwan.

Dia mengatakan, sanksi yang diberikan bisa berupa Blacklist agensi sehingga tidak akan lagi bisa menempatkan PMI. “Tadi disebutkan ada beberapa agensi nakal, kami selalu diarahkan melalui KDEI di Taipei melalui Kabid Naker. KDEI Taipei dapat memberikan sanksi apabila terdapat pelanggaran yang dilakukan oleh agensi yang merugikan PMI,” ujar Ida dalam Congress of Indonesian Diaspora, Sabtu (14/8/2021).

Dia juga menyebut, Indonesia dan Taiwan memang tak memiliki hubungan diplomatik. Namun pemerintah akan terus berupaya melakukan perlindungan terhadap PMI melalui kerja sama perdagangan dan ekonomi.

“Kerja sama ini juga memperkuat upaya peningkatan perlindungan dan kesejahteraan PMI dan mencegah masuknya PMI ilegal yang unprocedural dan undocumented,” ujarnya. Sebelumnya, PMI Taiwan Hendro Wijaya menyampaikan keluhan terkait agensi nakal di Taiwan. Menurutnya pemerintah harus transparan dengan agensi yang nakal sampai merugikan PMI.

“Kurang tegasnya sanksi hukum dan tidak transparan terkait nama agensi nakal. Sehingga PMI terus masuk ke agensi nakal tersebut yang berakibat terjadinya penindasan, pungli dan diskiriminasi oleh pelaku,” kata Hendro.

Darnichn.



Related Articles