Breaking NewsPMI Malaysia

Malaysia Telah Memulangkan 96 Ribu Lebih Pekerja Migran Ilegal ke Negara Asal Masing-Masing Melalui Program Rekalibrasi

Departemen Imigrasi Malaysia (JIM) menyebutkan bahwa hingga 20 Agustus 2021, sebanyak 96,809 pekerja migran ilegal atau yang diistilahkan Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI) sudah dipulangkan ke negara asal masing-masing melalui Program Rekalibrasi Pulang.

Wakil Ketua Pengarah JIM (Kawalan), Datuk Makhzan Mahyuddin mengatakan, Program Rekalibrasi bagi PATI ini akan dilaksanakan hingga 31 Desember 2021.

Oleh karena itu, pihaknya berharap majikan dan PATI memanfaatkan program ini untuk menghindari tindakan hukum seperti ditahan dan didakwa di pengadilan.

Menurutnya, bagi PATI yang mau mengikuti Program Rekalibrasi Pulang, mereka hanya perlu membayar kompaun (denda) antara RM 300 hingga RM 500 dan harus mempunyai tiket penerbangan serta hasil test Covid-19 negatif.
Katanya, Program Rekalibrasi Pulang terbuka kepada semua PATI, kecuali individu yang mempunyai kesalahan hukum pidana yang perlu melakukan persidangan di pengadilan terlebih dahulu.

Sebagaimana dilaporkan media lokal Malaysia, Metro.com, Kamis (26/8), Datuk Makhzan juga mengatakan, dalam kurun waktu yang sama, sebanyak 174,068 PATI telah mendaftar Program Rekalibrasi Tenaga Kerja untuk dipekerjakan kembali secara sah.

Program Rekalibrasi Pulang merupakan program yang dicanangkan Pemerintah Malaysia untuk memberi peluang para pekerja ilegal pulang ke negara asal mereka secara sukarela sesuai syarat-syarat yang ditetapkan.

Sedangkan Program Rekalibrasi Tenaga Kerja adalah progran yang memperbolehkan pekerja asing ilegal yang ada di Malaysia dipekerjakan secara sah oleh majikan setelah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan. (Rozi_EM)



Related Articles