Breaking News

Malaysia Gelar Operasi Patuh Besar-Besaran, Pekerja Migran Ilegal Juga Diburu

Sejak 2 Juli 2021, Pemerintah Malaysia di bawah koordinasi Kementerian Dalam Negeri (KDN) telah menggelar Operasi Patuh secara besar-besaran di seluruh wilayah Negeri Jiran itu.

Sejatinya, operasi yang melibatkan Jabatan Imigresen Malaysia/JIM (Departemen Imigrasi Malaysia, Red), Polis Diraja Malaysia/PDRM (Kepolisian Malaysia, Red) dan beberapa instansi terkait lainnya ini bertujuan untuk memantau kepatuhan masyarakat tentang Prosedur Operasi Standar (SOP) terkait pelaksanaan lockdown atau dalam istilah lokal disebut Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) dalam rangka menekan penyebaran covid-19.

Namun, operasi ini juga turut memeriksa pekerja migran dari berbagai negara yang bekerja di berbagai sektor.
Contohnya, Operasi Patuh yang diadakan di kawasan Pudu, Kuala Lumpur pada 3 Juli 2021. Dalam operasi tersebut, Jabatan Imigresen Malaysia (JIM) menyerbu sebuah bangunan yang menjadi penempatan warga asing.

Sebagaimana diunggah media sosial resmi Jabatan Imigresen Malaysia, Sabtu (3/7), pada operasi yang dimulai sekitar pukul 05.00 petang waktu Malaysia tersebut, JIM memeriksa 245 pekerja migran dari berbagai negara dan 72 orang di antaranya telah ditahan karena tidak mempunyai dokumen resmi.

Selanjutnya, 72 pekerja migran yang ditahan tersebut harus menjalani tes covid-19 kemudian ditempatkan di Depot Imigresen (Rumah Detensi Imigrasi, Red) Bukit Jalil, Kuala Lumpur untuk proses hukum atas berbagai kesalahan keimigrasian.

Rozi_EM



Related Articles