Breaking NewsPMI lainnya

KJRI Kuching Kembali Bantu Pemulangan Jenazah dan Pekerja Migran Indonesia

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kuching kembali membantu pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Tanah Air. Pemulangan ini melalui PLBN Entikong kemudian selanjutnya ke kampung halaman masing-masing. Salah satunya, jenazah bernama yusuf yang merupakan PMI asal Dompu, NTB.

Almarhum Yusuf dikabarkan meninggal di Hospital Sarawak, Kuching karena sakit. Istri almarhum yang bernama Rini ikut mendampingi pemulangan jenazah tersebut setelah KJRI Kuching membantu menyelesaikan dokumen perjalanan yang bersangkutan. Kesempatan bersamaan KJRI Kuching juga membantu pemulangan 5 orang WNI/PMI kondisi khusus yaitu seorang ibu, Raodah (44) dengan anak bayi laki-laki yang baru saja dilahirkan di Hospital Sibu, Sarawak.

Mereka berdua diserahkan oleh pihak Imigrasi Sarawak kepada KJRI Kuching untuk dipulangkan ke Indonesia karena tidak lagi memiliki izin tinggal dan dokumen perjalanan yang sah. Sementara 3 orang WNI/PMI lainnya yang dibantu pemulangannya yaitu Haris Marines (25) asal Kabupaten Kubu Raya, Kalbar. Ia pekerja ilegal di Sarawak yang sebelumnya positif Covid-19 dan telah dinyatakan sembuh.

Lalu ada juga seorang PMI perempuan bernama Halimah (48) asal Bulukumba, Sulsel diserahkan oleh majikannya ke KJRI Kuching untuk segera dipulangkan karena ianya terkena penyakit demensia.

Kemudian terakhir seorang PMI yang terlantar atas nama Toha Saputra (24) asal Kabupaten Sanggau, Kalbar. Ia datang sendiri ke KJRI Kuching minta untuk dipulangkan ke Indonesia sebab sudah tidak lagi memiliki pekerjaan. Untuk proses pemulangan jenazah WNI/PMI yang didampingi oleh istrinya serta yang lainnya dapat dilaksanakan dengan proses yang lancar.

Ketika tiba di PLBN Entikong, jenazah dan 6 orang WNI/PMI tersebut diterima satgas dan selanjutnya akan menjalani proses pencegahan Covid-19 sebelum dipulangkan ke tempat asal masing-masing.

Darnichn.



Related Articles