Breaking NewsPMI Malaysia

KJRI Kuching Fasilitasi Pemulangan PMI Sakit dan 8 PMI yang Telantar di Sarawak

KJRI Kuching di Sarawak, Malaysia memfasilitasi proses pemulangan PMI sakit atas nama Seda (37) asal Bulukumba, Sulawesi Selatan, Rabu (4/8/2021).

PMI tersebut sebelumnya bekerja di ladang sawit di daerah Sibu dan mengalami sakit stroke karena darah tinggi sehingga harus dirawat di Rumah Sakit Sibu, Sarawak dan dilakukan tindakan operasi di kepalanya.

Setelah dilakukan operasi, pihak Rumah Sakit Sibu meminta bantuan KJRI Kuching untuk pemulangan PMI yang bersangkutan guna melanjutkan pengobatan di Indonesia.

Menindaklanjuti permintaan Rumah Sakit Sibu, KJRI Kuching segera membantu kepulangan Seda melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong setelah diselesaikan lebih dahulu dokumen perjalanannya.

Pada hari yang sama, KJRI Kuching juga memfasilitasi pemulangan 8 orang WNI/PMI yang bermasalah dan terlantar di Sarawak. Mereka terdiri dari 2 orang laki-laki dan 6 orang perempuan.

Melalui laman media sosialnya, KJRI Kuching menyebutkan bahwa 8 PMI yang telantar tersebut datang ke KJRI sebagian besar sudah tidak bekerja lagi dan bermasalah dengan majikannya serta tidak memiliki dokumen perjalanan yang sah. Mereka memohon bantuan KJRI Kuching untuk pemulangan.

Sambil menunggu proses penyelesaian dokumen perjalanannya, mereka semuanya ditampung di rumah perlindungan (shelter) KJRI Kuching.

Sebelum proses pemulangan dilaksanakan, mereka semua melakukan test Covid 19 di Rumah Sakit KPJ Kuching dengan hasil test negatif.

Sesampainya di PLBN Entikong, mereka diterima oleh Satgas pemulangan WNI/PMI dan selanjutnya dilakukan proses pencegahan Covid 19 sebelum dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing. (rozi_EM)



Related Articles