Breaking NewsPMI Malaysia

KJRI Johor Kunjungi Penjara untuk Mengetahui Kondisi WNI yang Sedang Jalani Masa Tahanan

Satgas KJRI Johor Bahru yang terdiri dari Konsul Konsuler/Pelindungan Warga dan Konsul Imigrasi melakukan kunjungan ke Penjara Seremban, Negeri Sembilan.

Kunjungan penjara yang telah dilakukan pada 2 September 2021 itu merupakan kegiatan rutin KJRI dalam upaya memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan pihak Penjara.

Selain itu, kunjungan ke penjara tersebut juga bertujuan untuk mengetahui secara langsung kondisi keadaan WNI yang sedang jalani masa tahanan dan perkembangan langkah penanganan kasus hukumnya.

Kedatangan Tim KJRI disambut baik oleh Timbalan Ketua Pengarah Penjara dan jajaran kerja pihak Penjara Seremban. Timbalan Ketua Pengarah menyampaikan apresiasi atas kunjungan Tim KJRI sebagai bentuk perhatian Pemerintah Indonesia dan dapat mengurangi beban psikologis WNI di penjara.

Dikutip dari laman kemlu.go.id yang dipublish pada 5 September 2021, pihak Penjara Seremban mengatakan, saat ini terdapat 16 orang WNI yang sedang menjalani masa hukuman dan seluruhnya dalam keadaan sehat. Pihak Penjara juga menyampaikan seluruh WNI diperlakukan baik tanpa diskriminasi dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai HAM.

Bahkan di masa pandemi Covid-19, Penjara Seremban tetap memberikan kesempatan bagi pihak keluarga untuk dapat berkomunikasi dengan para narapidana melalui platform virtual.

KJRI Johor Bahru memberikan apresiasi kepada pihak Penjara Seremban atas hubungan kerja sama yang sudah terjalin dengan baik selama ini dan dukungan bagi KJRI dalam upaya pelindungan maksimal bagi WNI.

Pada akhir kunjungan, KJRI menyerahkan bantuan bagi 16 orang tahanan WNI berupa uang tali asih dan pakaian dengan tema nuansa semangat kemerdekaan RI ke-76. (rozi_EM)



Related Articles