Breaking NewsPMI Malaysia

KJRI Johor Bahru Bantu Pemulangan 35 WNI/PMI Kelompok Rentan, Termasuk 10 Orang dari Tahanan Imigrasi Malaysia

KJRI Johor Bahru telah membantu penanganan dan pemulangan 35 WNI kelompok rentan/terlantar dalam kondisi sakit dan anak-anak/balita dari Pelabuhan Stulang Laut, Johor menuju Pelabuhan Batam Center, Batam, Jumat (8/10).

Dari jumlah tersebut, 10 (sepuluh) orang di antaranya adalah WNI/PMI dari Tahanan Imigrasi Malaysia di Pekan Nenas, Johor yang telah selesai menjalani hukuman.

Para WNI kelompok rentan yang dipulangkan tersebut berasal dari Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Keppri, Banten dan Lampung.

KJRI Johor telah melakukan koordinasi dengan pihak Imigrasi Malaysia, Rumah Sakit, dan Organisasi Kemasyarakatan WNI untuk bantuan penanganan WNI rentan/sakit serta koordinasi dengan otoritas terkait mengenai penanganan WNI anak terlantar.

KJRI juga telah menerbitkan dokumen SPLP dan pengurusan keimigrasian, serta memastikan kelancaran proses pemulangan, termasuk memastikan telah dikembalikannya barang-barang milik WNI dari Tahanan Imigresen Pekan Nenas.

Selanjutnya, KJRI Johor Bahru telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait di Indonesia untuk bantuan penanganan kedatangan 35 WNI/PMI kelompok rentan dimaksud di pelabuhan Batam Center serta rencana pemulangannya ke daerah asal masing-masing.

Seluruh WNI yang dipulangkan tersebut telah mejalani tes PCR di Malaysia dengan hasil negatif. Setiba di pelabuhan Batam Center, mereka kembali mendapatkan pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kesehatan yg berlaku di Indonesia.



Related Articles