Breaking News

KBRI Kuala Lumpur Telah Distribusikan Lebih dari 80 Ribu Paket Sembako untuk WNI Terdampak Lockdown

KBRI Kuala Lumpur bekerja sama dengan ormas Indonesia di Malaysia telah mendistribusikan bantuan lebih dari 80 ribu paket sembako untuk WNI yang terdampak lockdown.

Duta Besar RI di Malaysia, Hermono mengatakan, sejak Pemerintah Malaysia memberlakukan kebijakan lockdown atau dalam bahasa lokal disebut Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) pada awal Juni lalu, KBRI Kuala Lumpur telah menerima pendaftaran permintaan bantuan dari sekitar 120 ribu-an WNI yang terdampak lockdown.

“Yang sudah terverifikasi (permintaan bantuan dari WNI, Red) ada sekitar 120 ribu-an. Ini yang di KBRI Kuala Lumpur saja, ya. Tapi yang sudah terkirim baru sekitar 85 ribu-an. Jadi, masih ada sekitar 35 ribu-an yang belum terkirim,” kata Dubes Hermono ketika melakukan siaran langsung melalui laman Facebook, Indonesian Embassy Kuala Lumpur, Kamis (8/7).

Lebih lanjut Hermono menjelaskan, pihaknya memahami bahwa pendistribusian bantuan untuk WNI yang memerlukan itu harus dilakukan secepatnya. Namun, proses pendistribusiannya ada keterbatasan-keterbatasan, khususnya dalam hal pengangkutan.

“Kita pun mau secepatnya. Kita sudah kerja sama dengan ormas untuk membantu proses pendistribusian. Persoalannya bukan soal pengadaan logistiknya, tapi ada keterbatasan soal pengangkutannya,” tegas Hermono.

Oleh karena itu, kata Hermono, untuk mempercepat proses pendistribusian bantuan logistik, bagi WNI yang sudah mengajukan permintaan bantuan dan sudah terverifikasi, bisa mengambil langsung ke KBRI.

“Untuk mempercepat pendistribusian, paguyuban-paguyuban atau individu-individu yang ingin datang sendiri mengambil bantuan di KBRI silakan, sepanjang data permintaan bantuan sudah diverifikasi. Kita pun ingin cepat, bukan ingin lambat-lambat,” jelasnya. (Rozi_EM)



Related Articles