Breaking News

KBRI Kuala Lumpur Sambut Baik Keputusan Malaysia Perpanjang Program Rekalibrasi

Pemerintah Malaysia secara resmi telah mengumumkan bahwa program rekalibrasi pekerja migran ilegal atau yang diistilahkan Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI) diperpanjang hingga 31 Desember 2021.

Sebelumnya, program ini telah dilaksanakan sejak 16 November 2020 dan berakhir pada 30 Juni 2021.

“Kita menyambut baik dan berterima kasih kepada Pemerintah Malaysia untuk memperpanjang Program Rekalibrasi karena ini yang diharapkan oleh PATI (Pendatang Asing Tanpa Identitas) Indonesia,” kata Duta Besar RI di Kuala Lumpur, Hermono, sebagaimana dilansir Antara, Selasa (6/7).

Hermono mengatakan, KBRI Kuala Lumpur rencananya akan membuka pelayanan dokumen pada Rabu (7/7) dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan serta ketentuan Perintah Kawalan Pergerakan Diperketat (PKPD) di beberapa kawasan Kuala Lumpur dan Selangor.

Untuk pelayanan dokumen Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP), Hermono menjelaskan, yang akan diprioritaskan adalah WNI yang rentan seperti orang sakit, ibu hamil dan janda yang mempunyai anak.

Soal kemungkinan adanya perubahan ketentuan dan tata cara pelaksanaan program rekalibrasi, Hermono mengatakan bahwa KBRI masih akan membicarakan dengan pihak Pemerintah alaysia.

“KBRI masih perlu membicarakan detail pelaksanaan rekalibrasi, khususnya rekalibrasi pulang. Kemungkinan akan ada perubahan prosedur dan tata cara ‘check out memo’,” jelasnya.


Rozi_EM



Related Articles