Breaking NewsPMI Taiwan

Kabar Gembira, Mulai Tahun Depan Gaji Pokok di Taiwan Naik Lagi

Kementerian tenaga kerja (kemenaker) akan menaikkan gaji pokok bulanan dan gaji pokok perjam mulai tahun depan. Federasi serikat pekerja Taiwan menyetujuinya, sementara Asosiasi kamar dagang berharap menunggu epidemi reda, dan dibahas nanti pada bulan November tahun ini.

Hari ini (28/8), ketua Federasi serikat pekerja Taiwan, He Yu mengatakan, pihaknya menyetujui kenaikan gaji pokok mulai tahun depan, namun berapa besar naiknya gaji pokok dia belum mau buka suara.

Menurutnya, depnaker akan melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan asosiasi kamar dagang dan Asosiasi Pengusaha kecil dan menengah.

Sementara itu, kepala Asosiasi kamar dagang Xu Shu-bo hari ini mengatakan, untuk saat ini tidak disarankan menaikkan gaji, dan menunggu sampai bulan November Desember untuk membahasnya lagi.

“Karena kenaikan gaji akan berlaku tahun depan, jika memang mau dinaikkan, maka tunggu sampai bulan November atau Desember setelah pandemi reda baru dibahas lagi, “jelas Xu Shu-bo.

Xu Shu-bo mengatakan, kenaikan gaji pokok bukan tidak mungkin untuk dibahas, akan tetapi tergangtung waktu dan kondisi.

Saat ini, lanjutnya, industri manufaktur berada dalam posisi ekonomi yang baik, jika gaji dinaikkan maka tidak ada komentar lagi. Namun, untuk industri jasa masih sengsara, dan kemenaker tidak bisa memotong mana industri yang baik mana yang tidak baik.

Xu Shu-bo akan menjelaskan kepada publik situasi terkini industri jasa dan akan menyampaikan pandangannya mengenai keringanan, rencana revitalisasi dan terkait gaji pokok pada Kamis depan (2/9/2021).



Related Articles