Breaking NewsPMI Malaysia

Jumlah WNI yang Meninggal di Wilayah Kerja KBRI Kuala Lumpur Pada Bulan Juni Lebih dari 200 Orang

Jumlah warga negara Indonesia (WNI) yang meninggal dunia di wilayah kerja KBRI Kuala Lumpur dalam dua bulan terakhir mengalami peningkatan, baik yang meninggal karena COVID-19 maupun non-COVID-19.

Sebagaimana dilansir Antara, informasi terkait jumlah WNI yang meninggal dunia di wilayah kerja KBRI didapat dari data Aliansi Organisasi Masyarakat Indonesia (AOMI) yang menyebutkan permintaan surat keterangan kematian di KBRI Kuala Lumpur pada bulan Juni 2021 mencapai 220 orang.

Saat ini, KBRI Kuala Lumpur bekerja sama dengan AOMI telah menyalurkan bantuan logistik kepada warga terdampak COVID-19 dan membantu program rekalibrasi pulang pekerja migran nonprosedural.

Ketika mendistribusikan bantuan logistik, AOMI banyak menemukan fakta adanya WNI yang sakit atau meninggal karena COVID-19 maupun non-COVID-19.

Koordinator Fungsi Konsuler KBRI Kuala Lumpur, Rijal Al Huda, mengatakan pada bulan Juni dan Juli 2021 memang semakin banyak WNI yang meninggal karena COVID-19 dan mayoritas meninggal di luar rumah sakit atau memang tidak menjalani perawatan di rumah sakit.

“Info tentang angka kematian yang meningkat memang betul terutama untuk bulan Juni dan Juli,” ujar Rijal Al Huda kepada Antara, Jumat.

Dalam sejarah Perwakilan RI di Kuala Lumpur, menurut informasi belum pernah terjadi dalam satu bulan ada permintaan surat kematian lebih dari 160 orang. (rozi_EM)



Related Articles