Breaking NewsPMI lainnya

Indonesia Buka Kembali Pengajuan Visa Masuk Bagi WNA, Berikut Syaratnya

Wabah epidemi di Indonesia saat ini telah menurun, pemerintah Indonesia telah membuka kembali pengajuan permohonan visa bagi warga negara asing (WNA) yang ingin masuk ke Indonesia.

Dilansir United Daily News (6/9), hal tersebut disampaikan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Indonesia Yasonna Laoly, kemarin (16/9/2021).

Menteri Hukum dan HAM
menerbitkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 34 Tahun 2021 tentang Pemberian Visa dan Izin Tinggal Keimigrasian Dalam Masa Penanganan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional pada Rabu (15/09/2021).

Peraturan nomor 34 tahun 2021 tersebut memberikan izin masuk ke wilayah Indonesia bagi WNA pemegang visa atau izin tinggal yang sah dan berlaku.

Mereka yang diizinkan antara lain WNA pemegang izin tinggal dinas, izin tinggal diplomatik, izin tinggal terbatas (ITAS), izin tinggal tetap/permanen (ITAP), pemegang Kartu Perjalanan Pebisnis (KPP) APEC, awak alat angkut yang datang bersama dengan alat angkutnya, serta Pelintas Batas Tradisional, setelah sebelumnya ditangguhkan karena untuk pencegahan epidemi.

Pemerintah Indonesia juga menetapkan peraturan kepada warga asing yang mengajukan permohonan visa harus mengajukan terlebih dahulu melalui sistem online.

Selain dokumen yang diperlukan untuk aplikasi visa, pemohon yang berusia 12 tahun dan ke atas juga harus memberikan bukti bahwa sudah vaksinasi lengkap terhadap COVID-19.

Pemohon juga harus memenuhi protokol kesehatan Covid-19 sesuai peraturan perundang-undangan dan menyatakan bersedia mematuhi peraturan pencegahan epidemi di Indonesia dan memberikan sertifikat asuransi kesehatan yang diperlukan dan dokumen lainnya.

Sementara ini, pemerintah Indonesia masih menangguhkan penerbitan bebas visa dan visa-on-arrival.



Related Articles