Breaking News

Imigrasi Taiwan Tingkatkan Pemeriksaan dan Langkah Antisipasi terhadap Perekrutan Pekerja Ilegal

National Immigration Agency (NIA) telah memberlakukan mekanisme pelaporan diri bagi WNA yang melewati batas waktu izin tinggal sejak tahun 2012 lalu, dan bukan baru dilaksanakan karena pandemi.

Berdasarkan pada perlindungan hak asasi manusia, WNA yang telah melewati batas waktu izin tinggal (overstay) dan melakukan lapor diri, serta bersedia untuk kembali ke negara asal, tidak akan ditahan di tempat penampungan. Mereka diberi kesempatan untuk meninggalkan Taiwan secara mandiri dalam batas waktu yang diberikan.

Apabila WNA tidak meninggalkan Taiwan dalam batas waktu tersebut, maka NIA akan melakukan penahanan, dan akan ditempatkan di lokasi penampungan sesuai hukum.

NIA menegaskan bahwa pekerja migran hilang kontak (pekerja migran kaburan) yang telah melakukan lapor diri dan sedang menunggu waktu kepulangan, harus tetap menaati hukum dan perundangan di Taiwan.

Mereka tidak boleh bekerja secara ilegal atau melakukan perbuatan melanggar hukum lainnya.

Apabila pekerja migran tersebut diketahui melakukan pelanggaran, maka ia akan ditahan dan dibawa ke lokasi penampungan dan diproses sesuai hukum.

NIA juga akan terus berkoordinasi dengan negara terkait untuk mengatur pesawat carter, dan mempercepat pemulangan WNA di lokasi penampungan. Saat ini kapasitas lokasi penampungan masih berada dalam batas aman terkendali.

Untuk menghindari terjadinya pekerja migran kaburan, atau bekerja secara ilegal, NIA akan terus berkoordinasi dengan instansi tenaga kerja, untuk memperkuat langkah antisipasi.

Dikutip Taiwan Today (13/4) NIA menyerukan kepada masyarakat untuk tidak mencoba melakukan pelanggaran, seperti merekrut pekerja migran kaburan, atau WNA yang telah melewati batas izin tinggal.

Apabila ditemukan tindakan melanggar hukum, masyarakat yang melakukan perekrutan akan dibawa ke instansi tenaga kerja untuk dikenakan sanksi, dan bahkan diproses secara pidana. [HaniTW]



Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.