Breaking NewsPMI Taiwan

Imigrasi Taipei City Amankan Kue Bulan yang Tidak Jelas Asalnya di Toko Vietnam, Pemilik Toko Mengaku Laris

Sebanyak 4 kg lebih produk kue bulan yang tidak jelas asal usulnya diamankan oleh Tim satuan khusus imigrasi Taipei City dan dinas kesehatan di sebuah Toko kelontong Vietnam di dekat kampus Universitas Chengkong, Distrik Wenshan Taipei City kemarin (27/8/2021).

Ketika dimintai keterangan, pemilik toko bermarga Lin tidak tahu menahu dari mana dia mendapatkan kue bulan tersebut. Dia hanya mengatakan bahwa barang itu berasal dari sebuah restoran Vietnam di kampung halamannya dan merekomendasikannya.

Menurut Lin, kue bulan ini dijual dengan cukup laris. Namun, dia tidak tahu jelas kalau daging babi yang digunakan untuk pembuatan kue tersebut daging yang tidak jelas asalnya.

Kue bulan seberat 4.95kg itu oleh Biro Kesehatan selanjutnya akan ditest apakah mengandung virus demam babi Afrika atau tidak. Dan akan terus melacak dari mana asal usul kue bulan tersebut, untuk mencegah produk daging memasuki pasar.

Tim gabungan yang dipimpin oleh Lin Cai-rong mengatakan, saat ini sebagian besar negara tetangga telah terkena demam babi Afrika. Dan baru-baru ini, banyak produk daging setelah diuji di Taiwan ada kandungan virus demam babi Afrika.

Lin Cai-rong menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membeli produk daging babi yang asalnya tidak diketahui atau labelnya tidak jelas.

Apabila produk daging babi yang diimpor tidak lolos pemeriksaan karantina, sesuai dengan Peraturan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Hewan, dapat dipidana dengan hukuman penjara maksimal 7 tahun dan denda maksimal NTD 3 juta.



Related Articles