Breaking NewsPMI Malaysia

Imigrasi Malaysia Tambah 20 Loket Baru untuk Program Rekalibrasi Pulang di Parkiran Bandara KLIA

Departemen Imigrasi malaysia (JIM) menambah 20 loket khusus baru untuk Program Rekalibrasi Pulang bagi pekerja migran tak berdokumen atau yang diistilahkan Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI) di bandara Kuala Lumpur International Airport (KLIA).

Tambahan loket baru yang terletak di parkiran (Short Term Car Park) lantai 2 Blok B bandara KLIA tersebut mampu menampung 800 hingga 1000 orang PATI yang akan berurusan dengan imigrasi.

Ketua Pengarah JIM, Datuk Khairul Dzaimee Daud mengatakan, penambahan loket khusus di area baru yang telah dibuka sejak 31 Juli 2021 ini merupakan respon atas pengaduan masyarakat terkait antrean panjang dan banyaknya PATI yang ketinggalan pesawat karena JIM kewalahan dalam pelayanan.

“Sejak loket baru tersebut dibuka pada 31 Juli, tidak ada lagi laporan mereka yang ketinggalan pesawat,” kata Datuk Khairul dalam konferensi pers usai meninjau loket di KLIA.

Loket di area baru ini beroperasi 24 jam dengan pegawai imigrasi sebanyak 140 orang yang dirotasi dalam tiga shift. Di area baru ini juga telah dilengkapi dengan sistem ventilasi serta kios yang menjual makanan dan layanan fotokopi.

Datuk Khairul mengatakan semua warga negara asing yang mengikuti Program Rekalibrasi Pulang harus datang ke KLIA 24 jam sebelum penerbangan untuk urusan keimigrasian.

Loket khusus untuk Program Rekalibrasi Pulangini awalnya dibuka di bandara KLIA pada 5 Juli 2021. Karena jumlah PATI yang mendaftar program ini membludak, JIM membuka lagi loket khusus di Bandara KLIA 2. Untuk jalur laut, pada 1 Agustus 2021 lalu, JIM juga telah membuka loket khusus di Pelabuhan Stulang Laut, Johor. (rozi_EM).



Related Articles