Breaking NewsPMI Malaysia

Imigrasi Malaysia Menegaskan, Majikan yang Melindungi dan Mempekerjakan Pekerja Ilegal akan Mendapat Hukuman Berat

Departemen Imigrasi Malaysia (JIM) menegaskan bahwa siapa pun, baik individu, organisasi non-pemerintah (NGO) maupun majikan yang melindungi atau mempekerjakan pekerja migran tak berdokumen (ilegal) yang diistilahkan Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI) akan mendapatkan hukuman berat.

Melalui Kenyataan Media (Siaran Pers, Red) tertanggal 23 Juli 2021, JIM menjelaskan bahwa melindungi PATI adalah suatu kesalahan yang bisa dikenakan hukuman denda antara RM 10,000 (sekitar Rp 35 juta) hingga RM50,000 (sekitar Rp 175 juta).

Apabila individu atau organisasi tersebut melindungi lebih dari 5 orang PATI, hukuman yang akan dikenakan ialah penjara tidak antara 6 bulan hingga 5 tahun dan bisa dikenakan huhuman sebatan maksimal 6 kali sebatan.

Sementara bagi majikan yang mempekerjakan PATI, selain hukuman denda antara RM10,000 hingga RM50,000, juga bisa dikenakan hukuman penjara maksimal 12 bulan atau bagi setiap orang pekerja yang dipekerjakan.

Jika jumlah PATI yang dipekerjakan lebih dari 5 orang, majikan akan mendapat hukuman penjara antara 6 bulan hingga 5 tahun serta bisa dikenakan hukuman sebat maksimal 6 kali sebatan.

JIM juga menjelaskan antara tahun 2019 hingga pertengahan 2021, pihaknya telah mengenakan hukuman terhadap 1701 orang majikan dengan denda terkumpul sebanyak RM33,073,500 (tigapuluh tiga juta tujuh puluh ribu lima ratus ringgit)

JIM menghimbau majikan atau individu yang mempekerjakan PATI agar segera mendaftarkan mereka dalam Program Rekalibrasi Tenaga Kerja atau Rekalibrasi Pulang yang telah dilanjutkan hingga 31 Desember 2021. (rozi_EM)



Related Articles