Breaking News

Imigrasi Malaysia Imbau Masyarakat Laporkan Majikan yang Pekerjakan Pekerja Migran Ilegal

Departemen Imigrasi Malaysia (JIM) mengimbau masyarakat agar melaporkan majikan yang mempekerjakan pekerja migran tak berdokumen resmi (ilegal) atau yang biasa diistilahkan Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI).

Imbauan tersebut disampaikan melalui laman Facebook Jabatan Imigresen Malaysia, Minggu (4/7/2021).

JIM menyebutkan, masyarakat yang mengetahui adanya majikan yang mempekerjakan PATI diminta segera melaporkan ke nomor telepon 03-8880 1347atau ke alamat email aduanpati_hq@imi.gov.my.

“Jika anda mempunyai maklumat berkaitan Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI) laporkan segera kepada Jabatan Imigresen Malaysia (JIM) melalui saluran telepon: 03-8880 1347 atau email: aduanpati_hq@imi.gov.my.” Demikian tulis JIM di laman Facebook-nya.

JIM menegaskan bahwa identitas masyarakat yang melaporkan majikan yang mempekerjakan PATI akan dijamin kerahasiaannya.

Lebih lanjut JIM menjelaskan, majikan yang mempekerjakan satu orang PATI bisa dikenakan denda antara 10.000 ringgit (sekitar Rp 35 juta) hingga 50.000 ringgit (sekitar Rp 175 juta) atau hukuman maksimal 12 bulan penjara atau kedua-duanya.

Sementara hukuman bagi majikan yang mempekerjakan lebih dari 5 orang PATI, yaitu antara 6 bulan hingga 5 tahun penjara dan bisa dikenakan hukuman sebat tidak lebih dari 6 sebatan.


Rozi_EM



Related Articles