PMI Malaysia

Imigrasi Malaysia Buka Loket Khusus Lagi untuk Program Rekalibrasi Pulang di Pelabuhan Stulang Laut Johor

Departemen Imigrasi Malaysia (JIM) akan membuka loket khusus lagi untuk Program Rekalibrasi Pulang di Pelabuhan Stulang Laut, Johor.

Loket khusus ini rencananya akan mulai dibuka pada 1 Agustus 2021. Sedangkan bagi pekerja migran tak berdokumen atau yang diistilahkan Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI) yang ingin pulang melalui program ini sudah bisa mendaftar mulai 31 Juli 2021.

Sebelumnya, JIM telah membuka loket khusus pelayanan imigrasi untuk Program Rekalibrasi Pulangdi bandara KLIA1 dan KLIA2 di Kuala Lumpur.

Melalui kenyataan media (siaran pers, red) tertanggal 29 Juli 2021, JIM menyebutkan bahwa pembukaan loket khusus di pintu masuk jalur laut ini bertujuan untuk memberi kemudahan bagi PATI yang ingin pulang ke negara asal menggunakan feri.

JIM telah menyiapkan 5 loket khusus yang akan beroperasi mulai pukul 8.00 pagi hingga 5.00 petang. Meski demikian, loket khusus ini hanya akan dibuka pada saat tidak ada jadwal fery masuk untuk menghindari kerumunan karena bersamaan dengan penumpang umum di hari yang sama.

Adapun syarat untuk mengikuti Program Rekalibrasi Pulang melalui loket khusus di pelabuhan Stulang Laut, Johor, yaitu:

  1. Memiliki dokumen perjalanan [Passport/ SPLP] yang masih berlaku.
  2. Memiliki tiket tiket pulang ke negara asal
  3. Memiliki hasil test PCR negatif (dapat dilakukan di klinik mana pun)
  4. Membayar Check Out Memo sebesar RM 500 dengan cara pembayaran elektronik (debit, credit card, Touch n Go). Tidak menerima pembayaran dengan cara tunai.
  5. Tidak ada Sistem Antrian Online (langsung datang ke loket imigrasi di pelabuhan Stulang Laut). (rozi_EM)



Related Articles