Breaking NewsPMI Malaysia

Imigrasi Malaysia akan Perketat Pengeluaran dan Pembaharuan Permit Kerja Pekerja Asing

Departemen Imigrasi Malaysia (JIM) akan mengajukan kebijakan tambahan bagi pengusaha/majikan yang berniat mengajukan atau memperbaharui permit kerja atau dalam bahasa lokal disebut Pas Lawatan Kerja Sementara (PLKS) bagi tenaga kerja asing/pekerja migran.

Ketua Pengarah JIM, Datuk Khairul Dzaimee Daud mengatakan, kebijakan tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa pengusaha/majikan menyediakan perumahan yang layak bagi pekerja asing sesuai dengan Akta Standar Minimum Perumahan, Akomodasi dan Fasilitas Karyawan atau Akta 446.

Menurut Datuk Khairul, meski operasi penertiban sudah dilakukan berkali-kali, tetapi masih banyak penempatan tenaga kerja asing yang tidak sesuai dengan Akta 446.

“Jadi pihak imigrasi akan mengajukan kebijakan baru untuk penerbitan dan perpanjangan PLKS agar pengusaha harus mematuhi Akta 446 dengan mendapatkan sertifikat melalui Departemen Tenaga Kerja (JTK),” kata Datuk Khairul sebagaimana dilansir media lokal, Sinar Harian, Jumat (1/10/2021).

Lebih lanjut Datuk Khairul mengatakan, hanya pengusaha yang mendapatkan sertifikasi dari JTK yang akan dipertimbangkan untuk penerbitan atau perpanjangan PLKS bagi pekerja asing yang bekerja dengan mereka.

Menurutnya, kebijakan baru tersebut masih dalam tahap kajian dan dia berharap kondisi tersebut segera dibahas, diterapkan dan dilaksanakan.

JIM akan membawa proposal ini ke Kementerian Dalam Negeri (KDN) terlebih dahulu dan juga akan berdiskusi dengan Kementerian Sumber Daya Manusia dan JTK untuk penyusunan pedoman.

“Saya akan perbaiki dan siapkan makalah proposal untuk dibawa ke tingkat yang lebih tinggi karena kita tidak bisa lagi membiarkan majikan terus menyediakan rumah yang ramai dan kotor dan bisa menjadi penyebab penyebaran penyakit,” jelasnya.



Related Articles