Breaking NewsPMI Malaysia

Imigrasi Malaysia akan Buka Loket Khusus Lagi untuk Program Rekalibrasi Pulang di Bandara KLIA 2

Departemen Imigrasi Malaysia (JIM) akan membuka loket khusus untuk Program Rekalibrasi pulang bagi pekerja migran tak berdokumen atau yang diistilahkan Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI) di Bandara Kuala Lumpur International Airport (KLIA) 2.

Loket khusus tersebut akan dibuka mulai minggu depan. Sebelumnya, pada 5 Juli 2021 lalu, JIM telah membuka loket khusus Program Rekalibrasi pulang di Bandara KLIA 1.

Sebagaimana dilansir media lokal Malaysia, Sinar Harian, Kamis (22/7), Ketua Pengarah JIM, Datuk Khairul Dzaimee Daud mengatakan, pihaknya telah menyiapkan delapan buah loket dan ruang tunggu di lantai 2 bandara KLIA 2 dengan kapasitas 500 orang.

JIM juga sedang mempersiapkan sebanyak 20 loket dan ruang tunggu baru dengan kapasitas antara 850 hingga 1000 orang yang dipusatkan di Short Term Car Park KLIA.

Menurut Datuk Khairul, saat ini JIM sedang berunding dengan pihak pengelola KLIA untuk menambah loket khusus dan ruang tunggu mengingat jumlah PATI yang mendaftar pulang melalui loket khusus di bandara KLIA 1 sangat banyak dan di luar dugaan hingga melebihi kapasitas ruang tunggu.

Lebih lanjut Datuk Khairul mengatakan, saat ini pihaknya juga sudah merencanakan akan membuka loket khusus di pintu imigrasi jalur laut di Johor untuk memudahkan PATI asal Indonesia bisa pulang menggunakan kapal fery.

“JIM ingin menegaskan bahwa hanya PATI yang memiliki hasil tes PCR negatif yang bisa berurusan dengan loket-loket khusus ini,” tegas Datuk Khairul. *(rozi_EM)



Related Articles