Breaking News

Hati-hati Dengan Nomor Rekening Berikut, Banyak PMI Jadi Korban Uang Puluhan Juta Raib

Kasus seorang PMI asal Banyuwangi yang mengaku telah tertipu cowok yang dikenalnya di medsos sejumlah uang sebesar Rp. 5 juta kemarin (27/5/2021) dipublikasikan di media online.

Hari ini, Faisal Soh kembali menerima pengaduan dengan kasus yang sama dari beberapa orang PMI yang mengaku juga telah menjadi korban penipuan.

Dari lima orang PMI yang mengaku tertipu, ada tiga orang mengirimkan uang ke rekening yang sama yaitu rekening atas nama Arfan Alwi.

Hal tersebut diungkapkan korban kepada Faisal soh melalui telpon yang disiarkan langsung hari ini (28/5).

Menurut pengakuan mereka, pelaku menipu dengan cara merayu dengan kata-kata atau perbuatan yang membuat korban terbuai dan akhirnya tergila-gila.

Setelah Itu, penipu kemudian menjanjikan akan menikahi korban, dan dari sinilah penipu mulai menjalankan aksinya. Dengan berbagai alasan ia meminta kepada korban untu mentransfer sejumlah uang.

Korban yang sudah mabuk kepayang percaya begitu saja dan tidak bisa mengelaknya. Serasa terkena hipnotis, korban langsung mengirimkan uangnya.

Tidak cukup sampai di situ penipu melakukan aksinya. Untuk meyakinkan korban, penipu mengirimkan bukti transferan ke Rekening keluarga korban dengan nominal di atas uang yang ditransfer korban. Korban tidak sadar kalau bukti transferan tersebut adalah palsu.

Dari penjelasan mereka berlima kepada Faisal, mereka tertipu dari Rp.3 juta hingga Rp.50 juta bahkan lebih.

Salah satu dari mereka posisinya di Malaysia. Ia mengatakan bahwa awalnya penipu merayu, sering memberikan perhatian, selalu mengingatkan apabila waktunya sembahyang sudah tiba.

Pada satu hari, penipu mengirimkan foto seorang anak sakit dengan background di kamar RS. Kemudian ia meminta transferan uang dengan alasan adik tirinya sedang sakit keras dan kekurangan biaya. Karena merasa tidak tega, korban kemudian mentransfer uang 1000 ringgit Malaysia (kisaran Rp.3.750.000).

Sementara itu, Faisal soh mengatakan, untuk kasus seperti ini ia tidak bisa membantu. Kalau pun mau dilaporkan dan diurus pasti akan ribet karena pelapor bukan pemilik rekening tersebut.

Faisal hanya mengingatkan kepada PMI supaya jangan mudah terpengaruh atau dengan mudah mau dipacari dengan janji mau dinikahi, apalagi kenalnya di medsos. Jangan mudah memberikan uang kepada orang yang belum dikenal dengan alasan apapun, karena kalian mendapatkan uang tersebut tidak mudah.

[haniTW]



Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.