Breaking NewsPMI Taiwan

Gunakan Pesawat Charter Garuda Indonesia, 100 Lebih Warga Taiwan Telah Mendarat di Taiwan dengan Selamat

Sebanyak 118 orang warga Taiwan yang berada di Indonesia telah mendarat dengan selamat di Bandara Internasional Taoyuan tadi malam (8/8/2021) sekitar pukul 11 waktu setempat.

Dilansir United Daily News (8/9), mereka berangkat dari bandara Soeta Jakarta pukul 17:20 WIB ( pukul 18:20 waktu Taiwan) dengan menggunakan pesawat charter Garuda Indonesia.

Setibanya di bandara Taoyuan, penumpang melakukan pemeriksaan suhu badan, menyelesaikan pengisian formulir dan setelah check out mereka langsung dijemput oleh mobil khusus pencegahan epidemi menuju tempat karantina terpadu.

Ketika wartawan menanyakan bagaimana perasaan mereka setelah tiba di Taiwan, mereka tidak menjawabnya melainkan hanya memberikan isyarat dengan menggunakan jempol tangannya.

Penumpang yang sebagian dari mereka merupakan Pengusaha Taiwan di Indonesia, sebagian lagi warga Taiwan ada yang mengenakan pakaian APD lengkap, ada yang mengenakan masker dan masker wajah dan ada yang hanya mengenakan masker saja.

Seperti diketahui, sejak CECC mengumumkan Indonesia merupakan salah satu Negara beresiko tinggi pada bulan akhir Juni lalu, maskapai penerbangan Taiwan menghentikan sementara penerbangan ke Jakarta sehingga menyebabkan banyak warga Taiwan tinggal di Indonesia mengalami kesulitan untuk pulang ke negaranya.

Bahkan maskapai penerbangan Eva Airlines dan China Airlines menghentikan jadwal penerbangan hingga akhir bulan Agustus karena bandara Singapura mengeluarkan pelarangan transit bagi penumpang yang dari Indonesia.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya kementerian luar negeri yang bekerja sama dengan perwakilan pemerintah Taiwan di Jakarta maupun di Surabaya serta Asosiasi Pengusaha Taiwan-Indonesia telah menyewa pesawat Batik Air yang rencananya terbang pada 28 Juli, namun karena alasan tertentu penerbangan dibatalkan.

Kemudian Asosiasi Pengusaha Taiwan-Indonesia dan perwakilan Taiwan di Indonesia melakukan negosiasi dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia yang akhirnya berhasil mencapai kesepakatan melakukan penerbangan pada tanggal 8 Agustus.

HaniTW



Related Articles