Breaking News

Depnaker Taiwan Klarifikasi Soal Selebaran Surat Pernyataan Izin Libur Bagi Pekerja Migran yang Bikin Resah

Terkait adanya selebaran terkait Surat pernyataan izin libur yang beredar di medsos beberapa hari ini, depnaker Taiwan mengklarifikasi melalui pesan singkat di akun Line 1955id (9/6/2021).

Adapun isinya yaitu “Pemberitahuan penting”
Penerapan Manajemen Pencegahan Epidemi Pekerja Migran-Majikan dan Penyedia Jasa Tenaga Kerja Tidak Diperkenankan Meminta Pekerja Migran Menandatangani Surat Persetujuan.

Terkait terjadinya infeksi penularan komunitas Pekerja Migran di salah satu pabrik teknologi baru-baru ini, dan diketahui beberapa majikan dan penyedia jasa tenaga kerja membuat surat persetujuan apabila Pekerja Migran dikonfirmasi positif tertular COVID-19 maka Pekerja Migran bersangkutan akan memikul tanggung jawab hukum dan seluruh biaya medis yang diperlukan.

Aksi tersebut dinilai seakan-akan hendak melepaskan tanggung jawab manajemen pengelolaan yang tertera dalam Undang-Undang Layanan Ketenagakerjaan.
Kementerian Ketenagakerjaan (MOL) mengatakan, surat persetujuan tersebut tidak memiliki dasar hukum.

Sesuai UU yang berlaku, majikan tetap menjadi pihak yang memikul tanggung jawab manajemen pengelolaan dan memperkuat langkah-langkah pencegahan epidemi, guna menghindari meluasnya rantai penularan.

[HaniTW]



Related Articles