Breaking NewsUncategorized

CECC: Mulai 27 Juli Status Siaga II Diberlakukan, Boleh Makan di Rumah Makan dan Boleh Kumpul-kumpul Dengan Syarat Berikut

Mengingat dalam beberapa minggu terakhir jumlah kasus baru mengalami penurunan di bawah angka 100 dan telah dibahas bersama dengan pemerintah daerah tentang rancangan tindakan pencegahan terkait epidemi.

Hari ini CECC dalam konferensi persnya melaporkan, mulai 27 Juli akan menurunkan standar kewaspadaan epidemi dari status Siaga III ke Siaga II.

Pemberlakuan status siaga II dimulai 27 Juli dengan masa percobaan selama dua minggu atau hingga tanggal 9 Agustus bulan depan.

Adapun ketentuan dari status Siaga II antara lain tetap mengenakan masker jika keluar rumah kecuali makan minum, benar-benar menerapkan pencatatan, menjaga jarak.

Pengontrolan jarak pekerja atau karyawan di dalam ruangan di tempat bisnis atau area publik seperti minimal 1,5 meter/orang (2,25 meter persegi/orang), ruang luar minimal 1 meter/orang (1 meter persegi/orang).

Selain itu membuka kembali tempat pertemuan dengan jumlah maksimum di dalam ruangan 50 orang, di luar ruangan 100 orang.

Sebagaimana hasil kesepakatan pertemuan pagi ini, bahwa dengan diberlakukannya status siaga II tempat seperti Toserba dan supermarket atau rumah makan sudah diizinkan menyediakan tempat makan di dalam dengan memasang penyekat di meja makan serta tetap mematuhi Prokes sesuai dengan prinsip dari Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan.

Upacara perkawinan dan pemakaman sudah diizinkan dengan tetap menerapkan jaga jarak dan rajin melakukan pembersihan.

Area publik dan transportasi umum juga sudah diizinkan mengangkut penumpang dengan kapasitas 70%.

Sementara itu, untuk sekolah atau tempat belajar mengajar, Tempat hiburan, bioskop, pusat olahraga sudah dibuka asalkan memenuhi persyaratan Siaga II.

CECC meminta seluruh masyarakat untuk menaati dan melaksanakan protokol kesehatan dan berjuang bersama pemerintah untuk mencegah penyebaran wabah dalam komunitas.



Related Articles